Home / Advertorial / Wali kota Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas
Suasana peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas

Wali kota Hadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Puskesmas

Kotamobagu – Di tahun anggaran 2018 ini, Pemkot Kotamobagu mulai merealisasikan perencanaan untuk pembangunan Pusat Kesehatan Masyatakat (Puskesmas) di Kelurahan Kotobangon Kecamatan Kotamobagu Timur. Hal ini disusul dengan adanya kegiatan peletakan batu pertama yang dilakukan secara resmi oleh Wali kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, Rabu (25/08/2018).

Menurut Tatong, pembangunan Puskesmas baru ini, untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih layak bagi masyarakat. “Memang di Kecamatan Kotamobagu Timur itu ada Puskesmas, namun posisinnya yang tidak strategis, dan lokasi yang tidak bisa lagi dilakukan perluasan, sehingga Pemerintah mencari solusi membangun kembali,” ucap Tatong.

Wali kota menambahkan, untuk mendapatkan anggaran yang diambil dari Dana Alokasi Khusus (DAK), untuk pembangunan Puskesmas ini, tidaklah muda. Harus membutuhkan perjuangan (lobi-lobi), sehingga dananya bisa turun. “Total keseluruhan anggaran Rp16 Miliar, yang terbagi dalam dua, yakni Rp6,9 Miliar untuk pembangunan gedung Puskesmas dan rumah dinas Dokter, serta Rp10 Miliarnya untuk penyedian Alat kesehatan,” ungkapnya.

Kedepan jika bangunan ini sudah bisa digunakan, dapat langsung berdampak postif untuk masyarakat. “Mudah-mudahan masyarakat bisa menerima manfaat dari pembangunan ini, dan bisa mengunakan serta menjaganya dengan baik,” pungkasnya.

Terkait dengan bangunan atau posisi Puskesmas yang lama, sudah tidak bisa lagi dilakukan penambahan (Rehab). “Lokasinya yang jauh dari jalan, tidak adanya lahan pakir, dan bagian belakangnya juga persawahan, sehingga untuk penambahan bangunan tidak dimungkinkan lagi,” tandas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu, Devi Ch Lala.

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Percepat Vaksinasi, Pemkot Kotamobagu Ubah Metode Vaksinasi

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Satgas Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu ...