Home / Ekonomi & Bisnis / Bank Indonesia Support Pengembangan Nenas di Kotamobagu

Bank Indonesia Support Pengembangan Nenas di Kotamobagu

TeropongBMR,Kotamobagu – Sebagai tindaklanjut dari Memorandum of Understanding (MOU) antara Bank Indonesia (BI) perwakilan Sulawesi Utara dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Rabu 19/12, BI menyerahkan bantuan alat produksi pertanian Nenas kepada 3 kelompok tani di kelurahan Mongkonai, kecamatan Kotamobagu Barat.

Penyerahan bantuan alat produksi nenas ini dilakukan oleh Ketua Tim Advisory dan Pengembangan Ekomoni, Bank Indonesia Perwakilan Sulut, Gunawan kepada Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawa.

Menurut Gunawan, pihaknya terus memenuhi apa yang telah menjadi kesepakan bersama Bank Indonesia dan Pemerintah Kota Kotamobagu “Bantuan ini sebagai upaya untuk mengembangan produk unggulan Kotamobagu. Disamping itu, pemberian bantuan ini sebagai upaya BI untuk mengendalikan inflasi dengan mencukupi pangan,”Kata Gunawan.

Gunawan mengungkapkan, tahun 2017 pihaknya memberikan support terhadap perkembangan kopi di Kotamobagu, dengan berbagai upaya salah satunya memberikan bantuan alat produksi “Tahun lalu sudah kita lakukan hal sama dengan memberikan dukungan terhadap perkembangan produksi Kopi dan untuk tahun ini BI memberikan perhatian kepada komoditi nenas,”Ungkapnya.

Kenapa BI melirik nenas, Gunawan menjelaskan buah nenas di Kotamobagu berbeda dengan yang ada di Jawa “Saya orang jawa, buah nenas disana dengan di Kotamobagu berbeda. Buah nenas di sini lebih manis dan enak, serta jumlahnya cukup banyak. Selain itu jika ini dikelola dengan baik, bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan petani. Untuk itu kami berharap bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan maksimal,”Harapnya.

Sementara itu ketua Kelompok Tani Bunag, Sumitro Lompaton mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia yang telah memberikan perharian serius kepada petani khususnya nenas “Tentunya ini patut kita syukuri dan jaga. Kami berharap kepedulian Bank Indonesia tidak hanya berhenti sampai disitu, tetap Bank Indonesia bisa melakukan pengawasan atau monitor sekaligus membantu membuka akses pemasaran,”Ucap Limpaton.

Adapun tiga kelompok tani nenas yang menerima bantuan yaitu Kelompok tani nenas Nomontang, Amaliotung, dan Bunag. Sedangkan untuk jenis alat yang diterima berupa mesin pengupas, mesin blender, mesin tinting, automatic cup sealer, working table, sink table, tabung gas, dan ches freezer.

Penulis : Agung Mokodompit

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Permudah Pelayanan, Pemkot Kotamobagu Siapkan Anjungan Dukcapil Mandiri

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus melakukan ...