Home / Kotamobagu / Tingkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pemkot Kotamobagu Gelar FGD

Tingkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Pemkot Kotamobagu Gelar FGD

TeropongBMR,Kotamobagu – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus mendorong perkembangan pariwisata di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) terlebih khusus wilayah Kota Kotamobagu. Untuk mendukung rencana tersebut, Pemkot Kotamobagu melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) mengelar Forum Grup Discussion (FGD).

Kegiatan ini melibatkan 4 Kabupaten di wilayah BMR yaitu Kabupaten Bolmong, Bolsel, Boltim dan Bolmut. Kegiatan yang digelar diruang rapat Bapelitbangda ini dibuka oleh Sekretaris Kota (Sekot) Adnan Massinae dan turut melibatkan sejumlah pelaku usaha, perhotelan dan restauran.

Sekertaris Daerah (Sekda) Kotamonagu Adnan Massinae mengatakan, pengembangan pariwisata yang ada di BMR tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, tetapi harus bekerjasama antar Pemerintah Daerah.

“Makanya kami hadirkan stekholder yang ada di Bolaang Mongndow Raya. Memang Kotamobagu tidak memiliki wilayah yang cukup signifikan, tidak seperti daerah lainnya, seperti Boltim Bolmong Bolsel dan Bolmut, tetapi Kotamobagu bisa jadi pusat persinggahan dan penginapan para wisatawan yang datang dari manca Negara,”Ucapnya.

Disisi lain Adnan mengakui pengelolan ketersedian wisata di Kotamobagu belum cukup memadai, namun pihaknya berjanji kedapan secara bertahap akan siapkan “Memang jika dibandingkan dengan Daerah lain Kotamobagu belum memadai dalam pengelolaan wisata. Tetapi Pemerintah terus berkomitmen secara bertahap akan disiapkan,”Jelas Adnan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kotamobagu, Agung Adaty menerangkan, Kotamobagu memiliki beberapa ikon kegiatan yang menjadi objek di Kotamobagu dan dapat menarik wisatawan luar. Diantaranya, perayaan cap go meh, vestifal kuliner, pemilihan Uyo Nanu Kotamobagu, serta lomba olah raga tradisional.

“Ada beberapa ikon yang menjadi objek wisata dan bisa menarik wisatawan, seperti perayaan cap go meh, festival kuliner, pemilihan uyo nanu dan lomba olahraga tradisional,”Terangnya.

Selain itu Agung mengakui untuk kunjungan wisata di Kotamobagu setiap tahunnya meningkat. Misalnya, pada 2013 terdapat 31.164 wisatawan yang datang, kemudian 2014 terdapat 39.090, pada 2015 naik menjadi 39.360, kemudian pada 2016 sebanyak 50.057 serta pada 2017 dia naik mencapai 50.116 wisatawan yang datang.

“Namun sekarang kami masih kesulitan melakukan pendataan kunjungan tersebut karena objek wisata kita belum terkelolah dengan baik. Jadi dari jumlah itu, ada kunjungan wisata, ada juga yang kunjungan bisnis, sehingga belum bisa dipastikan berapa pastinya, namun menurut kami setiap tahunnya pasti akan ada kenaikan,”Pungkasnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Percepat Vaksinasi, Pemkot Kotamobagu Ubah Metode Vaksinasi

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Satgas Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu ...