Home / Politik / 6.176 Pemilih Disabilitas Terdaftar di DPTHP 2
SH/Daniel Pietersz PEMILU PEMILIH DISABILITAS-Sejumlah penyandang disabilitas mengikuti simulasi Pemilu 2014 bagi Pemilih disabilitas, di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Jumat (4/4). Sebelumnya, 11 Maret 2013 lalu, KPU RI dengan Pusat Pemilihan Umum Akses Penyandang Cacat (disabilitas) (PPUA PENCA) telah melakukan penandatangan nota kesepahaman yang berisi KPU sepakat memfasilitasi penyandang disabilitas dalam melakukan pencoblosan saat pemilihan umum mendatang.

6.176 Pemilih Disabilitas Terdaftar di DPTHP 2

Foto Ilustrasi Istimewah

TeropongBMR,Politik – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pronvisi Sulawesi Utara (Sulut) telah menetapkan sebanyak 6.176 pemilih disabilitas dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2). Hal ini diutarakan salah satu Komisioner KPU Sulut, Lanny Ointoe.

Menurutnya, dari total jumlah tersebut, terbanyak kaum disabilitas adalah kaum tuna daksa atau sekitar 33 persen “Tuna daksa 33 persen, kemudian tuna netra 15 persen, tuna grahita 19 persen, dan 16 persen lainnya,”Terang Lanny.

Sementara itu untuk jumlah secara keseluruhan dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Provinsi Sulut, jumlah kaum disabilitas hanya sekitar 0,32 persen “Saat ini jumlah DPT Sulut sebanyak 1.907.841, untuk disabilitas persentasinya 0,32 persen dari DPTHP-2,”Jelas Lanny.

Adapun untuk proses pemilihan nanti, kaum disabilitas akan dibantu oleh petugas KPPS atau keluarga “Mereka bisa dibantu baik KPPS atau keluarga sedangkan untuk tuna netra akan mengunakan template,”Pungkasnya. (**)

 

 

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sambangi Polda Sulut, Sahli Kemenkopolhukam RI Bahas Kamtibmas dan Ingatkan Warga Patuhi Protokol Kesehatan

Manado,TBbnews – Tim Kemenko Polhukam RI dipimpin Staf ...