Home / Kotamobagu / Peduli Lingkungan Tatong Bara Canangkan Pengendalian Sampah Plastik

Peduli Lingkungan Tatong Bara Canangkan Pengendalian Sampah Plastik

TeropongBMR,Kotamobagu – Sampah plastik tidak hanya menjadi isu internasional, namun turut menjadi perhatian Pemerintah ditingkat bawah. Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu tak mau ketinggal dalam mengatasi permasalahan sampah plastik.

Melalui Peraturan Walikota Kotamobagu nomor 25 tahun 2018 tentang kebijakan dan strategi daerah pengelolaan sampah rumah tangga, dan sampah jenis sampah rumah tangga. Perwako ini menjadi pedoman bagi Pemerintah Daerah, masyarakat dan pelaku usaha dalam pengendalian sampah terlebih khusus sampah plastik.

Menurut Tatong Bara, sampah plastik harus menjadi perhatian serius semua pihak mengigatkan sampah plastik merupakan bahan yang sulit terurai “Ini menjadi perhatian yang sangat serius sebab sampah plastik ini membutuhkan waktu ratusan tahun, dan dapat mempengaruhi ekosistem dan mencemari lingkungan,”Kata Walikota.

Lebih lanjut Tatong menyampaikan Perwako 25 tahun 2018 menjadi sangat penting bagi Pemerintah Kotamobagu sebab indikator untuk penilaian Adipura kedepan tidak hanya soal bersih dan asri “Kedepannya penilaian Adipura bukan hanya dilihat dari bersih dan asri tetapi bagaimana upayah Pemerintah dan masyarakat mengelola sampah termasuk mengatasi sampah plastik,”Ucap Tatong.

Diakhir sambutannya dalam apel korpri, Tatong mengungkapkan total sampah plastik setiap harinya mencapai 7 persen “Jumlah keseluruhan sampah plastik Kotamobagu setiap harinya 9,03 ton dari jumlah tersebut 7 persennya dari sampah plastik. Untuk saya berharap pengendalian sampah plastik ini tidak hanya menjadi perhatian dari Pemerintah tetapi pelaku usaha dan masyarakat,”Ungkapnya.

Sebagai bentuk pengendalian sampah plastik, Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara bersama Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan membagikan botol minum isi ulang kepada jajaran Pemerintah Kota Kotamobagu dan awak media.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Syarat Pendidikan Calon Sangadi di Kotamobagu Minimal SMP

Gambar Ilustrasi KOTAMOBAGU,TBNEWS – Bulan Desember 2021 nanti ...