Home / Bolmong / Prof Yusril : Kemendagri Punya Waktu 90 Hari Tindaklanjuti Putusan MA

Prof Yusril : Kemendagri Punya Waktu 90 Hari Tindaklanjuti Putusan MA

Foto Prof Yusril Ihza Mahendra Bersama Bupati Bolmong Yasti S Mokoagow

TeropongBMR,Bolmong – Proses Judicial Review (JR) yang tempuh oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow terhadap Permendagri nomor 40 tahun 2016 tentang batas wilayah antara Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan itu resmi mendapatkan putusan Mahkama Agung.

Sidang yang dipimpin 3 hakim Mahkama Agung diketuai oleh Dr. H. Supandi, SH, MH, Dr. Irfan Fachruddin, SH, CN (anggota) dan Is Sudaryono, SH, MH (anggota) menyatakan, pertama Mengabulkan permohonan keberatan hak uji materil dari pemohon Pemkab Bolmong, kedua Menyatakan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 40 Tahun 2016 Tentang Batas Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Dengan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Provinsi Sulawesi Utara (Berita Negara RI Tahun 2016 Nomor 963) tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat dan tidak berlaku umum, dan ketiga Memerintahkan kepada Panitera Mahkamah Agung untuk mengirimkan petikan putusan ini kepada Percetakan Negara untuk dicantumkan dalam Berita Negara.

Bupati Bolmong, Yasti S Mokoagow dalam konferensi pers diruang rapat Pemkab Bolmong mengatakan kemenangan ini merupakan kemenangan bersama rakyat Bolaang Mongondow “Kita patut bersyukur atas hasil judicial review ini, hasil ini merupakan langkah penting untuk menyelesaikan sengketa batas yang selama ini berlarut-larut,”Kata Yasti.

Sementara itu Prof Yusril Izha Mahendra melalui sambungan telepon saat konferensi pers menegaskan upaya hukum Judicial Review sudah selesai “Menteri Dalam Negeri mempunyai waktu 90 hari untuk menindaklanjuti putusan Mahkama Agung. Namun jika sampai batas waktu tidak ditindaklanjuti dengan sendirinya Permendagri nomor 40 tahun 2016 itu tidak berlaku lagi, dan Mendagri harus segera menerbitkan Permendagri yang baru terkait tapal batas Kabupaten Bolmong dan Bolsel,”Kata Yusril.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waktu Cuti ASN Bolmong Belum Ada Keputusan

BOLMONG,TBnews – Lebaran Idul Fitri 1442 H tinggal ...