Home / Ekonomi & Bisnis / Tanam Bawang Merah di Kotamobagu, Warga Enrekang Raup Jutaan Rupiah

Tanam Bawang Merah di Kotamobagu, Warga Enrekang Raup Jutaan Rupiah

Foto Istimewah

TeropongBMR,Kotamobagu – Pertanian bawang merah diwilayah Kotamobagu terbilang baru. Pada umumnya warga Kotamobagu berprofesi sebagai petani sawah, namun keberhasilan bertani bawang merah mampu dibuktikan warga Kabupaten Enrekang, kelurahan Mataran, Iskandal Baso (52).

Hanya bermodalkan bibit yang dikirim dari daerah asalnya dan sebidang tanah yang dikontrak, Iskandal mampu menghasilkan ratusan juta rupiah.

Menurutnya konstruksi tanah di Kotamobagu cocok untuk tanaman bawang merah “Udara dan struktur tanah di Kotamobagu sangat cocok untuk tanaman bawang merah, buktinya dengan jumlah bibit 1 ton. Hasil panen yang kami dapat mencapai sembilan ton,” terang Iskandar, saat berada di lokasi lahan tanam yang berada Kelurahan Sinindian Kecamatan Kotamobagu Timur.

Menurut Iskandal,  bibit bawang merah bawa beli langsung di Kabupaten Enrekang dengan harga 28 ribu per kilo dengan estimasi 4 sampai 5 kali panen dengan lama budidaya hanya 2 bulan sudah bisa panen. Dengan harga pasaran untuk jual, bervariasi dengan harga 15 ribu perkilo, 20 ribu dan 30 ribu perkilo,

“Untuk pasaran, kami langsung buka lapak disamping lahan tanam. Ada yang langsung borong dilokasi ada juga kami jual perkilo, dengan variasi harga berbeda beda, ada yang masih basah, kering dan siap pakai,” terang Iskandar.
Dari data yang ada, hasil panen dengan jumlah 9 ton bawang merah, dengan harga Rp30 ribu per kilo bisa mendapat untung sebesar Rp 270 Juta hanya dalam dua bulan. (**)

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wawali Kotamobagu Ikuti Pembekalan Manajemen ASN Dan Core Value ASN Berakhlak

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Wakil Wali Kota  Nayodo Koerniawan, menghadiri ...