Home / Kotamobagu / Tolak Bayar Pajak Daerah, Siap Siap Dapat Sanksi Dari Pemkot Kotamobagu

Tolak Bayar Pajak Daerah, Siap Siap Dapat Sanksi Dari Pemkot Kotamobagu

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu saat ini memiliki payung hukum terkait pemberlakuan pembayaran dan pengawasan pajak Daerah. Payung hukum ini mencakup pajak hiburan,restauran dan perhotelan.

Dalam Peraturan Walikota Kotamobagu nomor 5 tahun 2019 tentang Pelaporan Pembayaran dan Pengawasan Pajak Daerah juga diaturan pemberian sanksi bagi pelaku usaha. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) melalui Kabid Penagihan, Hamka Daun.

“Perwako nomor 5 tahun 2019 ini mengatur soal pemakaian E-tax bagi pelaku usaha. Ketentuanya seperti ini sehingga kami berharap pelaku usaha yang sudah menerima E-tax dapat mengunakannya. Sedang yang belum menerima E-tax dari Pemkot tetap dikenakan perhitungan sesuai ketentuan yang berlaku. Disamping itu ada juga aturan pemberian sanksi kepada pelaku usaha yang menolak aturan pemasangan E-tax,”Kata Hamka.

Sementara itu Kabid Pendataan dan Pendaftaran, Ilmar Z Rusman menambahkan pelaku usaha yang belum menerima mesin E-tax bisa mengunakan Bill Perforasi “Karena alat E-tax ini harganya mahal dan Pemkot juga masih memiliki keterbatasan untuk mengadakan, tempat usaha yang belum menerima alat ini bisa mengunakan Bill Perforasi yang kami tandai,”Sambung Ilmar.

Bill Perforasi yang maksud adalah Bill yang disiapkan pelaku usaha “Billnya dari pelaki usaha, masih dalam bentuk kosong. Nanti dibawah ke Dinas dan di tandai, selanjutnya itu yang mereka gunakan sebagai alat transaksi kepengunjung,”Jelasnya.

Sekedar informasi, saat ini Pemkot Kotamobagu telah menempatkan 40 unit mesin E-tax di 40 titik tempat usaha.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

PT JRBM Bolmong Support Dua Tabung Oksigen di RSUD Kotamobagu

KOTAMOBAGU,TBNEWS –Ditengah lonjakan kasus Covid-19 di Provinsi Sulawesi ...