Home / Kotamobagu / Esok Pemkot Kotamobagu Terima Hasil Evaluasi SPBE

Esok Pemkot Kotamobagu Terima Hasil Evaluasi SPBE

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menyediakan layanan Pemerintahan berbasis elektronik mulai membuahkan hasil. Hal ini menyusul masuknya Kotamobagu sebagai salah satu Daerah penerima hasil evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE), pada Kamis 28/3 esok di Jakarta.

Menurut Kepala Diskominfo, Ahmad Yani Umar, diserahkannya hasil evaluasi SPBE ini telah melalui proses yang panjang sejak tahun 2018 lalu “Proses sudah dimulai dari 2018 bulan Maret sampai Juni. Ada 35 indikator yang harus kita penuhi dan alhamdulilah itu sudah kita masukan,”Kata Yani, sembari menambahkan undangan akan dihadiri langsung Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara.

Dari 35 indikator tersebut, menurutnya diantaranya sejumlah aplikasi pelayanan publik yang sudah ada sejak lama “Kita unggul di aplikasi layanan publik yang ada di setiap OPD seperti, aplikasi Sicaca dan Rasingan milik BPKD, Si Jempol milik PTSP, Cepatu milik Disdukcapil, e-Planning, e-Musrembang, e-Data base, e-Monev, dan PPS Online,”Jelas Yani.

Selain itu Yani menambahkan yang dinilai dalam evalusi ini adalah tingkat kepatuhan Pemerintah daerah dalam menerapkan pelayanan berbasis elektronik. Sebagaimana Peraturan Presiden Nomor 95 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,  dan Peraturan Menpan-RB nomor 5 tahun 2018 tentang pedoman evaluasi SPBE pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Desember Mendatang CPNS Formasi Tahun 2019 Mulai Magang 

Kotamobagu, TBnews – Sebanyak 232 Calon Pegawai Negeri ...