Home / Kotamobagu / Puskesmas Gogagoman Wakili Sulut di Tingkat Nasional

Puskesmas Gogagoman Wakili Sulut di Tingkat Nasional

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Satu lagi capaian yang patut dibanggakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Gogagoman jadi satu satunya Puskesmas di Sulut yang masuk dalam nominasi tingkat Nasional, sebagai Puskesmas Ramah anak.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kotamobagu Sitti Rafiqah Bora. Menurutnya untuk wilayah se Sulawesi Utara hanya Puskemas Gogagoman yang masuk nominasi tingkat nasional.

“Saat ini kita diminta mengisi kuisioner yang nantinya data tersebut akan dikirimkan ke Pusat,”Kata Rafiqa.

Selanjutnya Rafiqa menjelaskan akan datang tim verifikasi lapangan Kementrian Pemberdayaan Perempuan, Kementrian Kesehatan, Kementrian Dalam Negeri dan dari Tim Independent untuk menilai.

“Apabila memenuhi syarat tanggal 23 nanti bertepatan dengan hari Anak Nasional, penghargaan tersebut akan diserahkan oleh Bapak Presiden sebagai Puskemas Ramah Anak,”Jelasnya.

Terpisah Kepala Dinas Kesehatan, Devie Ch Lala mengaku masuknya Puskesmas Gogagoman dalam nominasi tingkat Nasional tidak diduga “Kami dari Dinkes tidak menduga, hanya saja memang di empat Puskesmas di Kotamobagu ada fasilitas bermain anak. Itu yang menyiapkan DP3A, bantuan dari Kementerian,”Pungkas Devie.

Perlu diketahui saat ini jumlah Kabupaten dan Kota se Indonesia berjumlah 540 dan hanya sekitar 120 Kabupaten dan Kota yang masuk nominasi Puskemas Ramah Anak.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bangunan Pasar Kuliner Kotamobagu memasuki Tahap Penyelesaian 

Kotamobagu,TBnews – Pasar kuliner Kotamobagu yang berlokasi di ...