Home / Kotamobagu / Selain Situs Makam Bogani, Desa Tabang Miliki Mata Air Abadi

Selain Situs Makam Bogani, Desa Tabang Miliki Mata Air Abadi

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Desa Tabang yang berada di Kecamatan Kotamobagu Selatan, selain memiliki situs sejarah makam salah satu Bogani, rupanya juga memiliki sumber mata air abadi.

Kotagatan penduduk setempat biasa menyebut mata air yang menurut cerita turun temurun sudah ada sebelum adanya desa Tabang. Selain belum bisa di pastikan kapan persisnya mata air abadi itu ditemukan, cerita menarik dari salah satu potensi Sumber Daya Alam (SDA) menarik ditelusuri yaitu mata air yang tidak pernah kering meskipun masuk di musim kemarau.

Bahkan dari cerita singkat Kepala desa Tabang, kemarau yang pernah terjadi beberapa puluh tahun lalu dan mengharuskan masyarakat Passi datang dan mengambil air dari Kotagatan.

“Pernah terjadi kemarau di wilayah Bolmong waktu itu. Masyarakat dari Passi datang mengambil air disini. Selain itu juga kemarau yang terjadi beberapa tahun lalu di Kotamobagu tidak berpengaruh sumber mata air ini. Masyarakat disini tetap bisa mengkonsumsi mata air ini,”Kata Frits Junius Dilapanga.

Menyadari desanya memilik potensi SDA, kepala desa yang juga mantan wartawan ini memanfaatkan Dana Desa untuk merawat dan menjadikan mata air Kotagatan sebagai salah satu destinasi wisata desa.

“Kita perbaiki dan dirawat. Saat ini mata air Kotagatan jadi salah satu tempat wisata desa. Kita buat jalan masuk, supaya mempermuda pengunjung, baik warga desa atau dari luar desa Tabang,”Terang Junius.

Lebih lanjut Junius menambahkan pihaknya sangat bersyukur adanya Dandes. Sebab bisa dimanfaatkan mengali potensi Desa dan memberikan keuntung terhadap Desa “Dengan adanya Dandes ini kami bersyukur, bisa mengangkat potensi yang ada di desa. Kedepannya juga kami sudah mempunya rencana terhadap pengembangan mata air Kotagatan ini,”Pungkasnya

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menghadapi Era Revolusi industri 4.0 UMKM Kotamobagu Mendapat Pelatihan 

Kotamobagu,TBnews – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan ...