Home / Kotamobagu / 690 RTLH Siap Dibangun di Bolmong

690 RTLH Siap Dibangun di Bolmong

Bolmong,TeropongBMR.Com – Tahun ini warga kurang mampu di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow dipastikan kembali menerima bantuan Rumah Tinggal Layak Huni (RTLH) yang bersumber dari APBD Kabupaten Bolmong dan APBN. Total sebanyak 690 RTLH yang akan dibangun.

Kepala DPKP Bolmong, Dadang Nugroho mengatakan, bantuan RTLH untuk masyarakat kurang mampu di Bolmong telah dianggarkan lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebanyak 390 Unit rumah, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebanyak 300 unit rumah.

“Total bantuannya 690 unit yang bersumber dari APBD dan APBN, saat ini sudah selesai tahapan sosialisasi. Tinggal proses penyalurahan bahan,”Kata Dadang.

Adapun wilayah yang akan mendapatkan bantuan RTLH dari APBN ada di 11 desa, yang tersebar di delapan kecamatan. Sedangkan yang bersumber dari APBD ada di 26 desa yang tersebar di 14 kecamatan.

“Penerima program RTLH tersebut merupakan usulan desa melalui Musrenbang dan telah melalui perengkingan dan sudah melewati verifikasi di lapangan,”Jelas Dadang.

Adapun nominal bantuan perunit RTLH dibandrol sebesar Rp17,5 juta, yang dibagi menjadi dua. Untuk fisik sebesar Rp15 juta dan untuk upah Rp2,5 juta.
“Jika penerima dengan sengaja tak menyelesaikan Rumah,  maka penerima bantuan RTLH wajib mengembalikan sesuai nilai yang diterima,”Terangnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Syarat Pendidikan Calon Sangadi di Kotamobagu Minimal SMP

Gambar Ilustrasi KOTAMOBAGU,TBNEWS – Bulan Desember 2021 nanti ...