Home / Kotamobagu / BKPP Himbau Perbankan Tak Beri Pinjaman ke CPNS

BKPP Himbau Perbankan Tak Beri Pinjaman ke CPNS

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Entah sudah jadi budaya atau semata untuk memenuhi kebutuhan hidup, langkah mengajukan pinjaman kredit uang dengan jaminan SK pengangkatan CPNS ke pihak perbankan oleh Pegawai Negeri Sipil (PNs) patut mendapatkan perhatian dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Upaya menggadaikan SK PNS inipun turut memberikan dampak bagi penurunan kinerja PNS. Hal ini yang menjadi dasar Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kotamobagu menangguhkan permintaan surat keterangan lulus sebagai CPNS. Surat keterangan ini diajukan empat Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) beberapa waktu lalu.

Menurut Kepala BKPP, Sahaya Mokoginta, pihaknya urung memberikan surat keterangan tersebut dengan pertimbang empat orang ini masih berstatus CPNS “Harusnya mereka yang berstatus CPNS fokus bekerja. Belajar bagaimana bekerja, jangan memikirkan uang. Kalau yang di fikirkan hanya uang bisa berdampak pada penurunan kinerja,”Kata Sahaya.

Selain itu alasan pihaknya enggan mengeluarkan surat keterangan karena empat orang masih berstatus CPNS “Kan belum prajab. Selain itu salah satu faktor penurunan kinerja PNS itu karena gaji yang diterima sudah tidak memenuhi kebutuhan. Kalau baru berstatus CPNS lalu sudah mengajukan pinjaman ke Bank, gajinya yang 10 tahun akan datang sudah diambil lebih dulu. Setelah bekerja yang difikirkan hanya SPPD,”Ujar Sahaya sembari menghimbau pihak perbankan untuk sementara tidak menerima pengajuan pinjaman dari CPNS “Untuk CPNS dipertimbangkan dulu,”Imbuhnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bangunan Pasar Kuliner Kotamobagu memasuki Tahap Penyelesaian 

Kotamobagu,TBnews – Pasar kuliner Kotamobagu yang berlokasi di ...