Home / Kotamobagu / Enggan Patuhi Regulasi Pemerintah Kotamobagu, 60 Ruko Bakal Ditutup

Enggan Patuhi Regulasi Pemerintah Kotamobagu, 60 Ruko Bakal Ditutup

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Pemerintah Kota Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMK (Disperdagkop-UKM) berencana akan menutup 60 Rumah Toko (Ruko) yang berada di Pasar 23 Maret, Kelurahan Gogagoman Kecamatan Kotamobagu Barat.

Penutup ini rencananya akan dilakukan pada bulan Juni mendatang. Pasalnya, 60 pemilik Ruko tersebut enggan mengikuti regulasi baru yang diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu. Menurut kepala Disperdagkop-UKM, Herman J Aray, pemilik ruko telah menunggak retribusi sejak Januari 2019,

“ Dulunya memang mereka mendapatkan Hak Guna Bangunan (HGB). Namun sejak tahun 2013 sudah habis. Dan mereka (pengguna ruko) mau diperpanjang tetapi aturannya tidak bisa di perpanjang. Kita sudah punya regulasi baru. Dimana regulasinya adalah retribusi. Jadi tidak ada lagi HGB,”Terang Aray.

Sehingga Aray menegaskan, akan menutup dan mengeluarkan paksa bagi pengguna Ruko yang kumabal “Kita akan tutup dan keluarkan paksa. Hari ini penayangan Surat Peringatan Pertama (SP1), sesudah puasa akan di eksekusi,”Tegasnya.

Dia menyebutkan, retribusi Ruko bervariasi sesuai dengan ukuran, dari yang retribusinya Rp480 ribu, sampai yang Rp108 ribu.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bangunan Pasar Kuliner Kotamobagu memasuki Tahap Penyelesaian 

Kotamobagu,TBnews – Pasar kuliner Kotamobagu yang berlokasi di ...