Home / Kotamobagu / HUT Kotamobagu ke 12, Tatong Gunakan Pakaian Adat Kebesaran Bogani Perempuan

HUT Kotamobagu ke 12, Tatong Gunakan Pakaian Adat Kebesaran Bogani Perempuan

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kotamobagu ke 12 yang dilaksanakan Pemerintah Kotamobagu di lapangan Boki Hotinimbang, syarat dengan budaya Daerah. Hal itu terlihat dari pengunaan pakaian adat oleh setiap pejabat dilingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

Bagi pejabat laki laki nampak mengunakan pakaian adat Baniang sedangkan untuk perempuan mengunaman Salu. Yang lebih menarik lagi, top eksekutif Pemkot Kotamobagu nampak mengunakan pakaian adat kebesaran Bogani perempuan. Pengunaan pakaian adat kebesaran Bogani perempuan oleh Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara adalah yang pertama dalam peringatan HUT Kotamobagu.

Untuk Bolaang Mongondow Raya sendiri, baru dua kepala Daerah yang secara resmi mengunakan pakaian adat kebesaran Bogani, yaitu Bupati Bolaang Mongondow dan Walikota Kotamobagu.

Penggunaan pakaian adat kebesaran Bogani perempuan inipun pertama kali dilakukan Tatong Bara saat penopatan gelar adat Kolano In Kota Kotamobagu (Pemangku Adat Tertinggi di Kota Kotamobagu) tahun 2018 lalu.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kasus Covid-19 di Kotamobagu Terus Meningkat, Dinkes Maraton Penyuluhan

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Jumlah positif Covid-19 di Kotamobagu setiap ...