Home / Ekonomi & Bisnis / Pemkot Kotamobagu Siapkan Langkah Atasi Lonjakan Harga Bapok

Pemkot Kotamobagu Siapkan Langkah Atasi Lonjakan Harga Bapok

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Hampir dua pekan terakhir harga bawang putih di sejumlah pasar wilayah Kotamobagu terus mengalami kenaikan. Melambungnya harga salah satu komoditi pertanian ini mulai menyulitkan warga Kotamobagu.

Dari penelusuran awak media, harga bawang putih di pasar serasi Kotamobagu selang dua pekan mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari Rp 40 ribu perkilo naik hingga Rp 60 ribu perkilo. Sedang bawang merah dari 45 ribu perkilo naik hingga 50 ribu perkilo. Hal sama juga terjadi pada harga tomat, dari Rp 5 ribu perkilo naik menjadi Rp 10 perkilo.

“Hampir semua harga bapok ada kenaikan. Tapi yang paling tinggi kenaikan itu harga bawang putih dari Rp 40 ribu perkilo naik hingga Rp 60 perkilo. Dari informasi distributor stok bawang putih yang terbatas, sehingga harganya naik,”Kata Herman Untu, salah satu pedagang di pasar serasi.

Menanggapi kenaik harga bapok, Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM menyiapkan langkah. Menurut Herman Aray, pihaknya akan menyurat ke Pemprov Sulut “Karena ini menyangkut tata niaga jadi kita akan menyurat ke Pemprov. Selain itu akan ada tim yang turun, memastikan kenaikan harga ini bukan karena disengaja atau ada yang sengaja menahan,”Tegas Aray, kepala Disperdakop dan UMKM.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bangunan Pasar Kuliner Kotamobagu memasuki Tahap Penyelesaian 

Kotamobagu,TBnews – Pasar kuliner Kotamobagu yang berlokasi di ...