Home / Kotamobagu / PT JRBM Tertibkan Penambang Ilegal di Area Busa

PT JRBM Tertibkan Penambang Ilegal di Area Busa

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Belum hilang dari ingatan masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR), bahkan Sulawesi Utara, tragedi tambang maut bukit busa, desa Bakan, Kecamatan Lolayan yang menewaskan 28 orang penambang ilegal serta 25 korban luka beberapa waktu lalu.

Peristiwa yang cukup menarik, tidak hanya media nasional melainkan juga media internasional itu, seakan sudah menjadi hal biasa bagi warga sekitar tambang. Seolah bongkahan emas lebih bernilai dari pada keselamatan penambang.

Belum sebulan pasca ditutup operasi penyelamatan SAR oleh Basarnas atas longsor tambang bukit busa, beredar informasi sudah ada puluhan penambang yang kembali ke lokasi nahas tersebut. Bahkan aktifitas tersebut terus berlanjut hingga beberapa bulan kemudian.

Mencegah tidak terjadi kembali longsor tambang dan menelan korban jiwa, PT JRBM Kabupaten Bolaang Mongondow, bersama aparat TNI dan Polri melakukan penertiban dilokasi tambang ilegal yang masuk dalam wilayah kontrak karya PT JRBM Kabupaten Bolmong.

Menurut Manager External PT JRBM, Ferry Siahaan penertiban dilakukan karena pihak perusahaan menemukan sejumlah penambang telah membuat lubang baru di samping lubang yang longsor beberapa waktu lalu.

“Sekitar pukul 14.00, rabu 2/5 kemarin. Security PT JRBM turun ke lokasi peti area busa dan mengarahkan masyarakat untuk meninggalkan lokasi. Setelah tempat itu ditinggal penambang, PT JRBM melakukan pembongkaran terhadap dan peralatan yang digunakan masyarakat,”Terang Ferry.

Tidak hanya sampai pada penertiban lokasi tambang ilegal area busa. PT JRBM juga menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat lingkar tambang “Kita juga sampaikan dan meminta kepada tokoh masyarakat agar tidak ada lagi masyarakat yang masuk ke area busa,”Pungkas Ferry.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Penurunan Jumlah Positif Covid-19, Kotamobagu Masuk Zona Kuning

KOTAMOBAGU, TBnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melakukan ...