Home / Kotamobagu / BAPETEN Kembali Tegaskan Tak Miliki Kewenangan Penyegelan

BAPETEN Kembali Tegaskan Tak Miliki Kewenangan Penyegelan

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) Republik Indonesia kembali menegaskan soal kewenangan yang dimiliki institusinya terkait pengawasan pemanfaatan Tenaga Nuklir.

Hal ini disampaikan Kepala Bagian Humas dan Protokol, Abdul Qohhar,T.E.P menanggapi informasi yang beredar bahwa pihaknya melakukan penyegelan gedung Pemerintah atau gedung Radiologi, milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu.

“Perlu diketahui, penyegelan hanya bisa dilakukan oleh instansi yang berhak utk melakukan penegakan hukum. Saya kurang paham apakah satpol pp memiliki kewenangan itu, dan bukan domain kami,”Tegas Qohhar.

“Karena BAPETEN tidak memiliki PPNS, maka BAPETEN tidak bisa melakukan penyegelan. Penyegelan hanya bisa dilakukan oleh teman teman Polri, setelah mendapatkan laporan dari inspektur BAPETEN perihal terjadinya tindakan pelanggaran hukum,”Sambungya.

Selain itu juga Qohhar menambahkan, dapat dimungkinkan BAPETEN melakukan penyegelan, terkecuali ada revisi Undang Undang “Beda kasus jika nantinya di revisi Undang undang yang baru. BAPETEN diamanahkan memiliki PPNS, dalam konteks ini, mungkin betul kalau stiker merah dianggap sebagai segel. Namun untuk saat ini, bukan,”Tegasnya kembali.

Sebelumnya BAPETEN melalui Inspektur pada pekan lalu melakukan inspeksi di wilayah Sulawesi Utara, diantaranya Kota Manado dan Kota Kotamobagu. Dalam inspeksinya di Kotamobagu, Inspektur menemukan bangunan Radiologi yang didalamnya terdapat alat Sumber Radiasi Pengion (SRP) milik RSUD Kotamobagu, namun belum memiliki izin operasional. Selain itu juga belum terdapat persyaratan keamanan dan keselamatan. Sehingga Inspektur memberikan stiker merah sebagai tanda peringatan kepada pihak RSUD untuk tidak mengoperasikan sampai mendapatkan izin.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Kotamobagu Kembali Menyerahkan Bantuan Kepada Petani dan Peternak

Kotamobagu,TBnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu kembali memberikan ...