Home / Kotamobagu / BUMDes Moyag Siap Kembangkan Produk Unggulan Gulan Moromimit

BUMDes Moyag Siap Kembangkan Produk Unggulan Gulan Moromimit

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Pemerintah Desa (Pemdes) se Kota Kotamobagu saat ini tengah gencar gencaranya mengembangkan produk unggulan desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Pengembangan produk unggulan desa dilakukan sejak masuknya Dana Desa (Dandes) di setiap desa.

Adapun produk unggulan desa Moyag Induk tidak lain adah gula merah atau gula aren. Besarnya jumlah produksi gula merah di desa Moyag ini memberikan keuntung serta peluang tersendiri bagi BUMDes untuk mengembangan serta mendapatkan Pendapatan Asli Desa (PAD) dari bisnis gula merah.

Menurut Kepala Desa (Kades) Moyag Induk, Rusmin Mamonto, pihaknya memberikan perhatian khusus terhadap pengembangan gula merah yang di juluki Gula Moromimit (Gula Manis) “Lewat BUMDes produk unggulan petani desa Moyag ini akan dikembangkan. Nantinya pengembangan ini akan dilakukan dalam dua bentuk, satunya dalam bentuk gula semut dengan ukuran kecil, dan satunya lagi gula dalam bentuk besar. Selanjutnya akan di distribusikan,”Ucap Rusmin.

Apa lagi Rusmin mengungkapkan saat ini di desa adanya sentra gula aren yang sudah di dirikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu “Untuk gedung itu tinggal menunggu pemanfaatan. Berdasarkan informasi petani gula aren akan mengunakan sentra tersebut. Nantinya akan dibuat kelompok dan setiap kelompok akan memproduksi dan selanjutnya pemasaran akan dilakukan oleh BUMDes,”Terangnya.

Saat ini Rusmin mengungkapkan hamper sebagian petani yang ada di desanya berprofesi sebagai petani air nira “Bahan dasar gula merah itukan dari air nira. Dan hamper sebagian petani kami memiliki pohon aren, jumlahnya juga cukup banyak. Tapi sampai saat ini proses produksi masih secara tradisional,”Beber Rusmin.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kasus Covid-19 di Kotamobagu Terus Meningkat, Dinkes Maraton Penyuluhan

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Jumlah positif Covid-19 di Kotamobagu setiap ...