Home / Kotamobagu / Duta Pariwisata Kaltim Akui Rasa Binarundak Kotamobagu

Duta Pariwisata Kaltim Akui Rasa Binarundak Kotamobagu

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Festival binarundak yang dilaksanakan warga kelurahan Motoboi Besar selama 12 tahun terakhir, tidak hanya menarik perhatian warga local Bolaang Mongondow Raya (BMR), namun salah satu duta pariwisata Kalimatan Timur, Nabila Nandiny (26) yang memiliki darah Mongondow ini tertarik dengan kearifan local warga Kotamobagu.

Menurut mahasiswa S2, fakultas komunikasi Ilmu Politik, Universitas Paramadina, Jakarta ini, kegiatan yang mengangkat ciri khas Daerah harus terus dikembangkan “Dari pandangan saya kegiatan semacam ini harus terus ditingkatkan dan dilakukan. Apa lagi tadi disampaikan oleh Walikota Kotamobagu, setiap desa harus memiliki produk, ini adalah suatu visi yang luar biasa. Tentunya akan membentuk image daerah itu sendiri, serta bagian dari ciri khas Daerah dan, tentunya sangat luar bisa. bukan hanya memajukan Daerah dari sisi infrastrukturnya, tetapi bagaimana sumber daya manusia dan kebudayaan terus ditingkatkan,”Ucap Nabila.

Selain itu menurut keponakan Walikota Kotamobagu ini, rasa makanan binarundak cukup special “Kalau di Kalimatan Timur itu sejenis dengan binarundak itu ada, namun yang di Kotamobagu saya rasa lebih special. Biasa kalau makan hanya setahun sekali itupun saat kunjungan Oma,”Terangnya.

Sekedar informasi, festival binarundak yang dilaksanakan warga kelurahan Motoboi Besar bertujuan sebagai wadah silaturahmi antara sesama warga Motoboi Besar yang ada diperantauan dan datang setahun sekali, bertepatan pada momen lebaran idul fitri. Tahun ini, sebanyak 1500 kg beras puluh/ketan dan 1500 kg kelapa dipadukan dan disatukan kedalam bambu yang kemudian menjadi makanan khas binarundak.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tunjang Mobilitas Dokter, Pemkab Bolmong Serahkan 4 Kendis Dokter

BOLMONG,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow melalui ...