Home / Kotamobagu / Masuk Tahap Dua, Pemkot Kotamobagu Siap Cairkan Dandes

Masuk Tahap Dua, Pemkot Kotamobagu Siap Cairkan Dandes

Foto Ilustrasi

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kotamobagu memastikan, 15 desa yang ada diwilayahnya dalam waktu dekat siap untuk melakukan pencairan Dana Desa (Dandes) tahap dua. Selain Dandes, 15 desa juga sudah bisa melakukan pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2019.

“Bahkan sebelum bulan ramadhan kemarin, sudah ada beberapa desa yang mengajukan pencairan ADD tahap dua. Selain itu, saat ini 15 desa yang ada sudah bisa mengajukan pencairan tahap 2 Dana Desa,”Kata Rum Mokoagow, Kasi Pemberdayaan Kelembagaan Masyarakat.

Selain itu, Rum mengungkapkan, untuk pencairan Dandes tahun 2019 lebih mudah dari tahun 2018 “Jadi ada kemudahan yang diberikan Pemerintah Pusat, dan ini harus dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Kemudahan itu terkait dengan pencairan Dandes, tujuan agar serapan Dandes lebih maksimal. Kalau tahun 2018 lalu, untuk pencairan Dandes tahap dua, harus ada realisasi anggaran untuk tahap satu minimal 75 persen, dan fisik 50 persen. Tapi tahun ini tinggal laporan penggunaan Dandes untuk tahun sebelumnya,”Terangnya.

Sementara itu, Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kotamobagu mengakui saat ini anggaran Dandes untuk tahap dua sudah ada di RKUD “Dananya sudah di transfer dari Rekening Kas Umum Negara ke Rekening Kas Umum Daerah. Jadi Desa desa sudah bisa melakukan proses pencairan,”Ungkap Syarudin Abas, Kepala Bidang Perbendaharaan, BPKD.

Perlu diketahui dari 15 desa yang ada di Kotamobagu, desa Pontodon Timur mendapatkan Dandes dan ADD terbanyak dengan jumlah Rp 1,7 Miliar, disusul oleh desa  Moyag Tampoan dengan jumlah Rp 1,5 Miliar, selanjutnya, desa Bilalang Satu dengan jumlah Rp 1,5 Miliar. Adapun desa dengan penerimaan Dandes dan ADD terkecil yaitu desa Kopandakan Satu dengan jumlah Rp 950 Juta.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Desember Mendatang CPNS Formasi Tahun 2019 Mulai Magang 

Kotamobagu, TBnews – Sebanyak 232 Calon Pegawai Negeri ...