Home / Kotamobagu / Nayodo Goreng Pisang Gunakan Gas Metan

Nayodo Goreng Pisang Gunakan Gas Metan

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tidak hanya memberikan gambaran tentang sampah dan bau busuk. Namun, TPA milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu yang terletak di kelurahan Mongkonai Barat, cukup memberikan keuntungan.

Pasalnya, TPA dengan luas kurang lebih 5 hektar ini bisa menghasilkan gas metan untuk keperluan rumah tangga, baik memasak ataupun listrik. Pemanfaatan gas metan yang ada di TPA Mongkonai sudah dilakukan sejak 2 tahun terakhir, namun pemanfaatanya belum secara umum.

Jumat 28/6, Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan mencoba memanfaatkan gas metan yang ada di sekitaran TPA dengan mengoreng.

Dari cerita mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup Kotamobagu, Bambang Ginoga, gas metan yang dihasilkan dari sampah TPA Mongkonai dapat digunakan namun masih terbatas “Kita belum bisa memastikan berapa besaran atau volumen gas metan dari sampah ini. Tapi untuk dimanfaatkan dilingkungan TPA sudah bisa. sekedar goreng goreng sudah bisa,”Ujar Bambang yang masuk dalam tim kebersihan Adipura Pemkot Kotamobagu.

“Penggunaanya masih terbatas, saat ini sedang digunakan Wakil Walikota, Nayodo Kurniawan untuk goreng pisang. Sebelumnya juga digunakan WaliKota Kotamobagu,”Pungkas Bambang.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Menghadapi Era Revolusi industri 4.0 UMKM Kotamobagu Mendapat Pelatihan 

Kotamobagu,TBnews – Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan ...