Home / Kotamobagu / Tatong : Monuntul Adalah Tradisi Yang Harus Dilestarikan

Tatong : Monuntul Adalah Tradisi Yang Harus Dilestarikan

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Malam pasang lampu atau monuntul secara serentak dimulai pada Sabtu 1/6 malam dan akan dilaksanakan selama tiga hari kedepan. Monuntul sendiri untuk Kotamobagu bukan hanya sekedar malam pasang lampu, namun kegiatan yang telah dilaksanakan puluhan tahun dan secara turun temurun ini, selain dijadikan ajang perlombaan, juga sebagai sarana wisata dipenghujung bulan suci ramadhan.

Walikota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, didampingi Wakil Walikota, Nayodo Kurniawan, Sekretaris Kota, Adnan Massinae, lurah Motoboi Kecil, tokoh masyarakat, unsur Forkompimda, dan jajaran pimpinan SKPD, membuka dan meresmikan lomba monuntul, tepatnya di lapangan olahraga kelurahan Motoboi Kecil.

Tatong dalam sambutanya menyampaikan, monuntul adalah budaya yang sudah dilakukan secara turun temurun “Ini tradisi yang harus kita lestarikan, di seluruh Daerah di Indonesia, Kotamobagu salah satu Daerah yang melaksanakan kegiatan diakhir bulan ramadhan ini,”Ucap Tatong.

Sekedar informasi, Untuk lomba tahun ini Pemkot Kotamobagu menyiapkan hadia uang tunai dengan total sebesar Rp. 82.500.000, dengan rincian Juara I mendapatkan uang tunai Rp. 25.000.000, Juara II Rp. 20.000.000, Juara III Rp. 15.000.000, Harapan I Rp. 10.000.000, Harapan II Rp. 7.500.000, dan Harapan III Rp. 5.000.000.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Syarat Pendidikan Calon Sangadi di Kotamobagu Minimal SMP

Gambar Ilustrasi KOTAMOBAGU,TBNEWS – Bulan Desember 2021 nanti ...