Home / Kotamobagu / Agustus Warga Kecamatan Kotamobagu Timur Nikmati Gedung Puskesmas Baru

Agustus Warga Kecamatan Kotamobagu Timur Nikmati Gedung Puskesmas Baru

Kotamobagu,Pemerintahan – Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menghadirkan fasilitas pelayanan public yang mudah serta modern, bukan lagi isapan jempol. Hal ini dapat dilihat dari selesainya pembangunan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Kecamatan Kotamobagu Timur, tepatnya di Kelurahan Kotobangon.

Pembangunan yang dilakukan sejak Agustus 2018 dengan mengunakan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 6,9 Miliar tersebut diperuntukan untuk pembangunan gedung Puskesmas dan tiga unit Rumah Dinas, dan dalam waktu dekat akan segera ditempati. Tidak hanya membanguna banguna Puskesmas yang baru serta mudah dijangkau, namun Pemkot Kotamobagu juga menyiapkan Alat Kesehatan (Alkes) dengan total anggaran sebesar Rp 10 Miliar.

Menurut Plt Kadis Kesehatan, Ahmad Yani Umar, pihaknya merencanakan pemindahan fasilitas Puskesmas bulan Agustus nanti “Kita rencanakan mulai bulan Agustus, secara bertahap Alkes yang ada di Puskesmas lama sudah di pindahkan. Begitu juga dengan pelayanan, secara bertahap juga sudah mulai jalan di Puskesmas yang baru. Tempatnya masih sama di Kelurahan Kotobangon tapi letaknya yang berbeda, digedung yang baru dekat jalan, serta mudah diakses warga, dan ada juga jalur evakuasi,”Kata Yani.

Selain itu, Yani juga mengungkapkan rencananya Instansinya untuk segera melakukan akreditasi terhadap Puskesmas Kotobangon “Kalau tidak salah, sekitar September atau Oktober itu ada akreditasi Puskesmas. Nah, kita akan mengikutkan Puskesmas Kotobangon ini dalam akreditasi, sehingga sudah bisa melayani untuk Rawat Inap, sebab bangunan dan Alkes yang disiapkan khusus untuk Puskesmas Rawat Inap,”Terangnya sembari menambahkan, bila akreditasi sukses Kotamobagu memilik tiga Puskesmas Rawat Inap “Saat inikan baru ada dua Puskesmas Rawat Inap, Motoboi Kecil dan Gogagoman. Nantinya akreditasi untuk Puskesmas Kotobangon berhasil, Kotamobagu punya tiga Puskesmas Rawat Inap,”Sambung Yani.

Perlu diketahui untuk wilayah Kotamobagu, Pemerintah Kota Kotamobagu memilik 5 layanan kesehatan di 4 Kecamatan, diantaranya Puskesmas Motoboi Kecil status Rawat Inap, kecamatan Kotamobagu Selatan, Puskesmas Gogagogam Status Rawat Inap, kecamatan Kotamobagu Barat, Puskesmas Kotobangon Status Rawat Jalan, Kecamatan Kotamobagu Timur, Puskesmas Upay Status Rawat Jalan, Kecamatan Kotamobagu Utara, dan Puskesmas PONED atau Pelayanan Obstetri Neonatus Essensial Dasar di Desa Bilalang Satu.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peringati HUT Korpri Ke-49, Tatong Bacakan Sambutan Presiden

Kotamobagu,TBnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melaksanakan peringatan ...