Home / Kotamobagu / Ini Penyebab Kelas RSUD Kotamobagu Diambang Pintu
Dirut RSUD Kotamobagu, dr Tanty Korompot

Ini Penyebab Kelas RSUD Kotamobagu Diambang Pintu

Kotamobagu,Pemerintahan – Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu akhirnya bersedia memberikan penjelasan soal penyebab turunnya kelas atau tipe RSUD Kotamobagu dari C ke D. hal ini disampaikan Direktur RSUD Kotamobagu yang baru, dr Tanty Korompot kepada sejumlah awak media, usai acara serah terima jabatan, Rabu 24/7.

Menurut Tanty, pihaknya sudah melakukan investigasi, sebab direkomendasikannya reviu kelas RSUD Kotamobagu oleh Kementerian Kesehatan RI, pada tanggal 15 Juli 2019 lalu. “Setelah kami telusuri dan lakukan investigasi memang ada beberapa hal yang menjadi penyebab adanya penurunan kelas RSUD ini. Namun bukan berarti RSUD Kotamobagu tidak memenuhi syarat, kemarin kita sudah melalui tahapan akreditasi dari D ke C. semua mampu dipenuhi,”Kata Tanty.

“Dari penelusuran, Sistem Sarana dan Prasarana kesehatan tidak dilaporkan, semuanya sudah ada tapi laporannya yang tidak. Nah ini yang menjedi penyebab, sehingga saya sudah mengambil langkah untuk segera menindaklanjuti apa yang menjadi kekurangan,”Sambung Tanty.

Selain itu Tanty juga mengakui, pihaknya masih diberikan waktu oleh Kemenkes untuk menyampaikan keberatan atas reviu kelas RSUD Kotamobagu “Alhamdulilah masih ada waktu yang diberikan bagi RSUD untuk menyampaikan keberatan atas reviu kelas. Pecan depan kami akan melayangkan surat keberatan, sebagaimana yang disampaikan oleh Kemenkes,”Terangnya.

Sebelumnya Kemenkes RI melalui Direktorat Jenderala Pelayanan Kesehatan melayangkan surat dengan Nomor HK.04.01/I/2963/2019 tertanggal 15 Juli 2019, dalam surat tersebut menyampaikan reviu kelas bagi 615 Rumah Sakit se Indonesia, diantaranta RSUD Kotamobagu. Dalam surat pula pihak RSUD diberikan waktu menyampaikan keberatan atas reviu kelas Rumah Sakit paling lambat 28 hari sejak diterbitkannya rekomendasi tersebut.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilgub Disdukcapil Kotamobagu Melayani perekaman KTP-el pada Hari Libur

Kotamobagu,TBnews – Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara ...