Home / Kotamobagu / Milik 11 Hektar Lahan Bawang Merah, Sekali Panen Petani di Kotamobagu Mampu Hasilkan 8 Ton Perhektar

Milik 11 Hektar Lahan Bawang Merah, Sekali Panen Petani di Kotamobagu Mampu Hasilkan 8 Ton Perhektar

Foto Salah Satu Petani Bawang Merah

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Meskipun terbilang baru, produksi tanaman holtikultura jenis bawang merah di wilayah Kota Kotamobagu, sedikit demi sedikit mampu memenuhi permintaan pasar lokal. Dari data Dinas Pertanian Kotamobagu, luas lahan tanaman bawang merah di Kotamobagu mencapai 11,5 hektar.

Dari luas lahan tersebut, dapat diproduksi 88 ton dalam sekali panen. Dalam setiap hektarnya bisa diproduksi 7 – 9 ton bawang merah. Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan Dan Holtikultura, Ramjan Mokoginta produksi bawang merah di Kotamobagu menunjukan angka yang cukup baik.

“Produksi kita sudah 88 ton hampir 90 ton. Jumlah ini secara langsung sudah mampu memenuhi permintaan pasar lokal,”Kata Mokoginta.

Disisi lain pihaknya mengakui masih terdapat bawang merah dari luar Kotamobagu “Tetap masih ada bawang merah yang masuk dari luar. Terutama dari Makassar, tapi jumlahnya sudah tidak banyak. Kita juga sudah tidak terlalu bergantung dari luar. Tentu dengan adanya produksi dari dalam Daerah berdampak pada kestabilan harga. Saat ini harga bawang merah sekitar Rp 30 ribu sampai Rp 35 ribu perkilo,”Terang Mokoginta

Terpisah Kepala Dinas Pertanian mengatakan, Pemerintah terus mendorong jumlah produksi bawang merah “Kita sangat mendorong adanya penambahan lahan bawang merah, sehingga jumlah produksinya meningkat. Selain itu Pemerintah juga memberikan kemudahan, salah satunya bantuan alat untuk pengolahan lahan,”Kata Muljadi Surotenojo.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Walikota Kotamobagu Kembali Menyerahkan Bantuan Kepada Petani dan Peternak

Kotamobagu,TBnews – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu kembali memberikan ...