Home / Kotamobagu / Pastikan Hewan Kurban Aman, Dispertanak Kotamobagu Tingkatkan Pengawasan
Foto Ilustrasi

Pastikan Hewan Kurban Aman, Dispertanak Kotamobagu Tingkatkan Pengawasan

Kotamobagu,TeropongBMR.Com – Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Dipertanak) Kotamobagu mulai meningkatkan pengawasan menjelang hewan kurban menjelang Hari raya Idul Adha 1440 Hijria, tahun 2019. Peningkatan pengawasan ini dilakukan untuk mencegah beredarnya ternak sapi ataupun kambing yang tidak layak dijadikan kurban.

Menurut Kepala Dispertanak, Muljadi Surotenojo, pihak secara rutin melakukan pengawasan dan pemeriksaan ternak yang hendak dikonsumsi “Tidak hanya menjelang Idul Adha saja, tetapi sudah jadi agenda Instansi kami mengawasan pemotong ternak yang ada di Kelurahan dan Desa di Kotamobagu,”Kata Muljadi.

“Namun memang untuk Idul Adha ini pengawasan lebih kita tingkatkan lagi. sebab, jumlah ternak yang beredar atau masuk di Kotamobagu lebih banyak dari hari hari normal. Apa lagi, sudah pasti banyak hewan kurban dari luar Kotamobagu. Kami menjaga agar kurban yang disembeli aman atau bebas dari virus,”Sambung Muljadi.

Disisi lain, pihaknya menghimbau kepada warga agar melaporkan jika ada hewan kurban yang dalam kondisi tidak baik “kan yang paling tau itu warga, petugas kami juga rutin turun ke Desa dan Kelurahan tetapikan yang merawat ternak ini langsung dilakukan warga, jadi yang paling tau kondisinya warga. Kalau menemukan ada ternak yang dalam kondisi tidak sehat langsung melapor ke Dinas nanti ada petugas yang turun,”Himbaunya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Percepat Vaksinasi, Pemkot Kotamobagu Ubah Metode Vaksinasi

KOTAMOBAGU,TBNEWS – Satgas Covid-19 Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu ...