Home / Kotamobagu / Pemkot Kotamobagu Apresiasi Pelaku Usah Taat Bayar Pajak

Pemkot Kotamobagu Apresiasi Pelaku Usah Taat Bayar Pajak

Kotamobagu,Pemerintahan – Dari 180 an pelaku usaha yang wajib pajak di wilayah Kotamobagu, rupanya hanya sebagian kecil yang taat membayar pajak. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kotamobagu melalui Bidang Penangihan, Hamka Daun.

Menurut Hamka Daun dari sekian banyak tempat usaha yang beroperasi dan dikenakan pajak hiburan, hanya sebagian kecil yang kooperastif dalam membayar pajak “Tidak sampai setengah dari jumlah keseluruhan yang taat membayar pajak ke Daerah. Hanya ada 11 tempat usaha, baik itu Hotel, Rumah Makan, Kafe, dan Tempat hiburan. Salah satunya yang sangat kooperatif itu Kopi Cup, kami tidak perlu datang berkali kali. Kalau sudah waktunya membayar, mereka sendiri yang menghubungi agar pajak hiburan di jemput,”Kata Daun.

Selain itu juga Daun mengungkapkan, diantara tempat usaha yang taat membayar, ada juga yang tidak taat, bahkan sulit untuk ditagih “Ada juga yang sulit untuk ditagih, bahkan menunggak berbulan bulan. Mereka ini setelah diberikan Surat Peringatan baru mau membayar, setiap tahun seperti itu,”Ungkapnya.

Lebih lanjut Daun berharap agar pelaku usaha yang ada di Kotamobagu agar lebih proaktif lagi memenuhi kewajibanya “Yang sudah rajin bayar pajak lebih ditingkatkan, kalau bisa lebih jujur lagi. nah yang masih sulit kalau bisa dirubah, dan harus jujur. Paling tidak separuh dari pendapatannya dikenakan pajak. Pajak hiburan inikan tergantung dari pelaku usaha, kalau pengelolanya jujur pasti pajaknya juga banyak,”Harap Hamka.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Pilgub Disdukcapil Kotamobagu Melayani perekaman KTP-el pada Hari Libur

Kotamobagu,TBnews – Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara ...