Home / Kotamobagu / Atasi Kekurangan Air Bersih Di Upay, Dinas PUPR Kelola Sumber Mata Air Bambea’n

Atasi Kekurangan Air Bersih Di Upay, Dinas PUPR Kelola Sumber Mata Air Bambea’n

Kotamobagu,Pemerintahan – Musim kemarau yang melanda wilayah Kota Kotamobagu dan sekitarnya mulai memulai memberikan efek terhadap ketersedian air bersih yang dibutuhkan warga. Hal inipun mulai dirasakan warga kelurahan Upay, kecamatan Kotamobagu Utara.

“Pemukiman yang berada di ketinggi, seperti Upay bagian Sia mulai kesulitan air. Sumur yang dimiliki warga rata rata kering. Saat ini sebagian warga mulai memanfaatkan sumber mata air yang ada di jalan perkebunan,”Kata Ridwan Mokoagow, Lurah Upay.

Pihaknya pun sangat mendukung bila Pemkot Kotamobagu melalui Dinas PUPR berencana memanfaatkan sumber mata air yang ada “Kita baru menerima informasi kalau dari Dinas PUPR akan mengelola sumber mata air yang ada di perkebunan Upay, atau sumber mata air Bambe’an,”Terang Ridwan.

Sementara itu Dinas PUPR Kotamobagu melalui Seksi PLP dan Air Minum, Jumat 30/8 pagi turun ke lokasi mata air Bambe’an. kunjungan tersbeut untuk melihat langsung ketersedian air bersih. Kepala Seksi PLP dan Air Minum, Zanti Arfa saat dikonfirmasi awak media di lokasi sumber mata air mengaku terlebih dahulu akan melakukan survey “Yang paling utama dari pemanfaatan sumber mata air ini adalah warga Upay harus mendapatkan air bersih. setelah ini kita akan melakukan survey tentang elevasi. Kita akan lihat Upay bagian mana saja yang bisa dijangkau oleh air ini. Jangan sampai ada wilayah yang berada di ketinggi, sehingga memperbesar biaya operasional,”Jelas Zanti.

Adapun perkiraan anggaran yang dibutuhkan untuk mengelola sumber mata air Bambea’n, Zanti mengungkapkan berkisar Rp 200 juta “Kita akan membangun Broncaptering untuk menampung air, anggaranya itu sekitar Rp 200 juta, dan dimulai 2020 nanti. Anggaran tersebut belum terhitung instalasi sampai ke rumah warga,”Terang Zanti.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...