Home / Advertorial / DPRD Bolmong Gelar Tiga Agenda Paripurna Sekaligus
Foto Istimewah

DPRD Bolmong Gelar Tiga Agenda Paripurna Sekaligus

Bolmong,Politik – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow, Senin 12/8 kemarin, mengelar tiga agenda rapat Paripurna, di ruang rapat Paripurna gedung DPRD Kabupaten Bolmong. Ke tiga agenda yang diparipurnakan diantaranya, Pembicaraan tingkat I, penyampaian atas tiga Rancangan Peraturan Daerah, dilanjutkan dengan Penyampaian KUA-PPAS APBD tahun Anggaran 2020, serta Pembicaraan Tingkat II, Penetapan Persetujuan atas tiga Ranperda Inisiatif DPRD, Selasa 13/8.

Rapat Paripurna tersebut di pimpin Ketua DPRD Welty Komaling didampingi Wakil Ketua I, Musli Manoppo, dan Wakil Ketua II, Abdul Kadir Mangkat. Hadir juga dalam rapat Paripurna tersebut, Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow, Wakil Bupati, Yanny R Tuuk, anggota DPRD Bolmong dan jajaran Pemkab Bolmong.

Welty Komaling, dalam sambutannya menyampaikan “Sesuai dengan amanat undang-undang tentang pembentukan peraturan perundang-undangan dalam rangka tertib administrasi, perlu dilakukan pembentukan produk hokum serta penyusunan secara terencana, terpadu, dan terkoordinasi,”Ucap Welty.

Terpisah Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow, dalam sambutannya menerangkan terkait dengan diusulkannya tiga Ranperda oleh Eksekutif, bertujuan untuk menyesuaikan dengan kondisi Daerah saat ini. Hal ini disebabkan nominal retribusi yang ada saat ini, adalah produk hokum sejak 9 tahun lalu “Tujuannya untuk penyesuaian terhadap angka nominal retribusi yang ditetapkan dalam peraturan daerah (Perda) lama 9 tahun yang lalu, sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi Daerah, perkembangan ekonomi dan kebutuhan masyarakat saat ini. Serta untk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah,”Terang Yasti.

Adapun Rapat Paripurna dengan agenda Pembicaraan Tingkat I atas penyampaian tiga Rancangan Peraturan Daerah Usulan Eksekutif yaitu, Ranperda  Perubahan atas Perda nomor 6 tahun 2016 tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow, Ranperda Perubahan atas Perda nomor 18 tahun 2011 tentang Retribusi Izin mendirikan Bangunan(IMB), dan Ranperda  Perubahan atas Perda nomor 17 tahun 2011  tentang Retribusi Pelayanan Pasar. Selain itu juga rapat Paripurna dilanjutkan dengan penyampaian KUA PPAS APBD Tahun Anggaran 2020  dan Pembicaraan tingkat II, Penetapan Persetujuan atas tiga Ranperda Inisiatif DPRD, yaitu Ranperda Perubahan atas Perda Kabupaten Bolaang Mongondow nomor 22 Tahun 2010 tentang Retribusi Terminal, Ranperda Perubahan atas Perda Kabupaten Bolaang Mongondow nomor 22 Tahun 2010 tentang Retribusi Parkir di tepi jalan dan Ranperda Perubahan atas Perda Kabupaten Bolaang Mongondow nomor 22 tahun 2010 tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Banggar DPRD Kotamobagu Minta, Pemkot Segerahkan Berkas Pembahasan Lanjutan KUA-PPAS

Kotamobagu,TBnews – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kotamobagu ...