Home / Kotamobagu / Ketambahan 4 Dokter Spesialis, RSUD Kotamobagu Yakin Tak Turun Status

Ketambahan 4 Dokter Spesialis, RSUD Kotamobagu Yakin Tak Turun Status

Kotamobagu,Pemerintahan – Keputusan Kementerian Kesehatan, melaui Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan beberapa waktu lalu merekomendasikan penurunan kelas atau tipe 615 Rumah Sakit Umum Daerah se Indonesia, rupanya disikapi cepat manajemen RSUD Kotamobagu.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan mengungkapkan penyebab utama 615 RSUD se Indonesia direkomendasikan penurunan tipe atau kelas, dipengaruhi adanya perubahan komptensi Rumah Sakit “Diantaranya itu perpanjangan izin Rumah sakit yang harusnya dilakukan 5 tahun sekali. Nah, dalam kurun waktu tersebut pasti ada perubahan, dan waktu 5 tahun itu singkat,”kata Bambang Wibowo.

Selain itu menurut Bambang,  adanya pengurangan jumlah dokter spesialis, yang sebelumnya punya dokter spesialis tapi berjalannya tahun sudah berkurang atau tidak ada “Lima tahun sebelumnya Rumah Sakit itu punya dokter spesialis tapi berjalan waktu sudah tidak ada lagi atau berkurang. Selain itu ada contoh lagi, soal alat kesehatan yang rusak tapi tidak diperbaiki. Tentunya ini semua tidak sesuai lagi dengan kompetensi awal Rumah Sakit tersebut,”Terang Bambang.

Sementara itu Kepala Bagian Umum dan Administrasi, RSUD Kotamobagu mengaku saat ini Rumah Sakit telah menerima 4 dokter spesialis “Saat ini kita sudah ketambahan 4 dokter spesialis. Yaitu 2 dokter bedah, 1 dokter patologi klinik dan 1 dokter rehab medic. Sehingga saat ini total jumlah dokter spesialis yang dimiliki RSUD Kotamobagu ada 17 dokter,”Kata Yusrin.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kotamobagu bersyukur adanya ketambahan 5 dokter spesialis “Kami bersyukur melalui perjanjian kerja, RSUD Kotamobagu mendapatkan 4 dokter spesialis. Nantinya ini juga bisa menjadi nilai plus terhadap upaya sanggahan RSUD dan Dinas Kesehatan terhadap rekomendasi reviu kelas Rumah Sakit yang dilakukan Kemenkes beberapa waktu lalu. kami yakinlah tidak ada perubahan kelas,”Terang Ahamd Yani Umar.

Perlu diketahui adapun jumlah dokter menurut keahlianya sebagai berikut, Sp.Bedah 2 Orang, Sp.ObsGin 2 Orang, Sp.Anak 2 Orang , Sp.Penyakit Dalam 2 Orang, Sp.Anasthesi 1 Orang, Sp.Rehab Medik 1 Orang, Sp.Jantung  1 Orang, Sp.Mata 2 Orang, Sp.THT 1 Orang, Sp.Radiologi 1, Sp.Saraf 1 Orang, Sp.Patologi Klinik 1 Orang.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Desember Mendatang CPNS Formasi Tahun 2019 Mulai Magang 

Kotamobagu, TBnews – Sebanyak 232 Calon Pegawai Negeri ...