Home / Kotamobagu / Pasar Serasi Kotamobagu Berstatus Quo, Pemkot Himbau Pedagang Tak Keluarkan Sewa

Pasar Serasi Kotamobagu Berstatus Quo, Pemkot Himbau Pedagang Tak Keluarkan Sewa

Kotamobagu,Pemerintahan – Status hokum pasar serasi Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, Kota Kotamobagu saat ini berstatus Quo. Persoalan pasar serasi yang hingga saat ini masih berproses di tingkat Kasasi Mahkama Agung, mengharus Pemkot Kotamobagu mengeluarkan himbauan kepada ratusan pedagang.

Adanya surat  himbauan tersebut tidak mengharuskan ratusan pedagang membayar uang sewa, ataupun retribusi pasar. Hal ini dipertegas dengan diterbitkannya surat oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (DiperdakopUKM) kepada ratusan pedagang pasar serasi, Rabu 21/8 kemarin.

Dalam surat yang di bagikan langsung Kadis PerindagkopUKM, Herman Aray kepada pedagang pasar serasi itu dijelaskan sebagai berikut ‘Disampaikan Kepada para Pedagang bahwa saat ini Status Pasar Serasi masih dalam proses Hukum (Status Quo) untuk itu maka dihimbau kepada para Pedagang agar tidak melayani apabila ada permintaan dana ataupun pungutan dari pihak manapun

Terpisah Kepala DiperdakopUKM mengaku langkah tersebut diambil mengikuti kondisi yang ada saat ini “Kondisinyakan saat ini dalam proses hukum, dalam tahap kasasi. Baik Pemkot ataupun yang mengaku ahli waris, sebaiknya tidak mengambil keuntung di pasar tersebut,”Kata Aray.

Sehingga lanjut Aray, pihaknya menghimbau kepada pedagang agar tidak memberikan dana dalam bentuk apapun “Pemkot pun tidak akan menagih retribusi pasar, Karena kami menghormati proses hokum yang berjalan saat ini,”Imbuh Aray.

Terpisah Kepala bagian Hukum , Pemkot Kotamobagu menerangkan, sikap yang diambil oleh DisperdakopUKM untuk menghindari konflik yang ada “Saat ini  proses hukumnya sudah di tahap kasasi Mahkama Agung. Nah Status Quo ini bukan berarti tidak ada pemilik dari lahan pasar tersebut, dalam posisi saat ini pasar serasi adalah milik Pemkot karena statusnya tidak berubah,”Jelas Rendra Dilapanga.

Diketahui, proses hokum terhadap kemilikan pasar serasi Gogagoman telah bergulir sejak 8 tahun lalu. Proses hokum antara Pemkot Kotamobagu dan ahli waris sebagai yang mengakui pemilik lahan pasar serasi, saat ini masih menunggu putusan Mahkama Agung.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...