Home / Bolmong / Sukses Integrasikan E-Planning Daerah Ke Pusat, Pemkab Bolmong Terima Penghargaan

Sukses Integrasikan E-Planning Daerah Ke Pusat, Pemkab Bolmong Terima Penghargaan

Bolmong,Pemerintahan – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow dalam melaksanakan amanat Undang Undang Nomor 23 tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah, diniali sukses. Atas keberhasil tersebut, Kementerian Dalam Negeri, melalui Ditjen Bina Pembangunan Daerah memberikan piagam penghargaan.

Penghargaan tersebut diterima oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Yarlis Awaludin Hatam, di kantor Ditjen Bina Pembangunan Daerah, Jakarta. Menurut Yarlis, dalam amanat UU nomor 23 tahun 2014, Pemdan berkewajiban menyediakan informasi yang meliputi Pemerintahan Daerah secara menyeluruh.

“Dalam pasal 391 dan pasal 395 yang berbunyi Pemerintah Daerah wajib menyediakan informasi Pemerintahan Daerah yang terdiri atas informasi pembangunan Daerah, informasi keuangan Daerah dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya yang dikelola dalam suatu system informasi Pemerintahan Daerah,”Kata Yarlis.

Selain itu juga Yarlis mengungkapkan, tujuan dari penggunaan aplikasi E-Planning ini untuk mengimplementasikan Perpres Nomor 54 tahun 2018 “Strategi Nasional Pencegahan Korupsi” dan Perpres Nomor 95 tahun 2018 “Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik”.

“Terintegrasinya E-Planning Daerah dengan E-Planning SIPD Pusat, maka dapat dilihat konsistenya perencanaan dan penganggaran Daerah. Sehingga target yang sudah direncanakan dapat tercapai. Serta tersedianya penganggaran melalui program dan kegiatan yang tepat sasaran,”Sambung Yarlis.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadiri Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, Pj Bupati Bolmong Puji Toleransi Umat Hindu

TEROPONGBMR – Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit ...