Home / Kotamobagu / Gula Semut Moyag Tampoan Rambah Pasar Denpasar

Gula Semut Moyag Tampoan Rambah Pasar Denpasar

Kotamobagu,Potensi – Memiliki perkebunan pohon aren, jadi satu keuntung tersendiri bagi warga Desa Moyag Tampoan, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu. Produksi gula aren yang cukup banyak dan mulai dimanfaatkan tidak hanya sebagai gula merah oleh masyarakat lokal, namun saat ini mulai dikembangkan menjadi gula semut, sebagai penganti gula pasir.

Mulai dikembangkannya gula semut untuk menganti gula pasir ini rupanya sejalan dengan kebutuhan pasar, disejumlah Negara gula semut yang berasal dari pohon aren ini bahkan telah menjadi salah satu kebutuhan harian. Hal ini bisa ditemukan di kafe dan restaurant yang ada di Bali, sebab para turis lebih memilih gula semut sebagai campuran pemanis dalam minum kopi.

Potensi inilah yang dimanfaatkan salah satu petani gula aren sekaligus memproduksi gula semut. I Made Mangku, warga Desa Moyag Tampoan. Made yang berprofesi sebagai petani sekaligus Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mitra Tampoan, beberapa waktu lalu mengirimkan 3 kg gula semut ke Denpasar, Bali. Hal ini dikatakan Made saat ditemui awak media, menurutnya Made, adanya peluang pasar di Denpasar serta didukung dengan ketersedian produk, jadi salah satu alasanya untuk mencoba merambah pasar luar Sulawesi Utara “Saya punya keluarga di Bali, Denpasar. Dia punya kafe, menurutnya disana, para turis lebih tertarik gula semut untuk campuran kopi dari pada gula pasir. Sehingga saya mencoba mengirimkan beberapa kilogram untuk uji,”Terang Made.

Made mengakui saat ini di Denpasar itu juga ada gula semut “Jadi tidak hanya gula semut dari kita, disana juga ada gula semut. Nantinya kita lihat kualitasnya, kan masing masing Daerah punya khas dalam pembuatan,”Sambung Made, sembari berharap produk gula semut yang dikirimkan terterima pasar Bali “Tentunya berharap, produk kita bisa terterima. Kami berusaha secara mandiri mencari pasar, sehingga produksi kita bisa ditingkatkan,”Terangnya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...