Home / Kotamobagu / Panas 2 Sampai 3 Bulan Lagi, Belum Mengancam Persawahan di Kotamobagu
Foto : Wakil Walikota, Nayodo Kurniawan Berada di Salah Satu Persawahan di Kotamobagu

Panas 2 Sampai 3 Bulan Lagi, Belum Mengancam Persawahan di Kotamobagu

Kotamobagu,Pemerintahan – Musim panas atau kemarau yang sudah melanda sejumlah Daerah di Bolaang Mongondow Raya serta memberikan dampak terhadap produktifitas persawahan, rupanya belum memberikan pengaruh terhadap persawahan di Kota Kotamobagu. Bahkan menurut Dinas Pertanian Kotamobagu, bila kemarau masih berlanjut sampai dua atau tiga bulan lagi, belum menjadi ancaman bagi petani sawah.

“Sampai saat ini belum ada ancaman untuk pertanian sawah, akibat dari musim kemarau yang sudah berlangsung beberap bulan ini. Debit air yang ada di irigasi masih mampu mengairi persawahan milik petani, bahkan untuk 2 atau 3 bulan lagi,”Kata Ramjan Mokoginta, Kabid Perkebunan, Tanaman Pangan dan Holtikultura.

Namun kebutuhan air untuk pertanian sawah, rupannya berbanding terbalik dengan tanaman holtikultura. Menurut Ramjan, saat ini ancaman musim kemarau mengintai petani holtikultura “Yang jadi ancaman saat ini petani holtikultura, sayur sayuran, tapi untungnya ada alkon, masih bisa terpenuhi,”Terang Ramjan.

perlu diketahui hingga Agustus 2019 hasil produksi pertanian sawah di Kotamobagu mencapai 17.063 ton, dengan luas tanaman sebesar 1691 hektar yang tersebar di 4 Kecamatan, Kotamobagu Selatan 1002 hektar, Kotamobagu Timur 511 hekatr, Kotamobagu Barat 56 Hektar, Kotamobagu Utara 120,70 hektar.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...