Home / Kotamobagu / Pemkot Ganti Nama MRBM Jadi MABM
Foto Istimewah

Pemkot Ganti Nama MRBM Jadi MABM

Kotamobagu,Pemerintahan – Jika sebelumnya Masjid dengan bangunan besar menjulang tinggi dan berdiri kokoh di jantung Ibu Kota Kotamobagu itu familiar dengan nama Masjid Raya Baitul Makmur (MRBM), kini sudah berganti nama. Pergantian nama itu pasca pengelolaannya diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

MRBM setelah dikelola Pemkot Kotamobagu dan direhab total sejak tahun 2010, secara otomatis berganti nama menjadi Masjid Agung Baitul Makmur (MABM). Penyebutan nama MABM mulai dilakukan dalam nomen klatur anggaran pembangunan yang dilakukan Pemkot Kotamobagu. Menurut Kepala Bagian Kesra, Sekretariat Daerah, Adin Mantali menjelaskan, pergantian nama menyesuaikan dengan posisi Masjid.

“Pada umumnya Masjid yang ada di Pusat Kota dan dikelola oleh Pemerintah disebut Masjid Agung. Sedangkan untuk MRBM kita rubah menjadi Masjid Agung Baitul Makmur, penyebutan Masjid Raya berada pada Ibu Kota Kecamatan,”Terang Adin.

Selain itu juga nama MRBM menurut Adin, adalah penyebutan dibawah pengelolaan Yayasan “Sebelumnyakan Masjid ini dikelola Yayasan, setelah dikelola Pemerintah tentunya ada perubahan,”Pungkasnya.

Terpisah salah satu warga Kotamobagu mengaku pengantian nama Masjid sah sah saja, asalkan mudah disebut dan diingat “Kalau penyebutanya jadi Masjid Agung sebenarnya lebih keren. Sebenarnya nama diganti sah sah saja, yang penting mudah diingat,”Kata Ardianty Damopolii, warga kelurahan Kotamobagu.

Perlu diketahui sejak mulai direhab total tahun 2010 oleh Pemerintah Kota Kotamobagu, pembangunan MABM telah memasuki tahap ke tujuh dengan total anggaran Rp 81.989.385.267 Miliar. Pemkot Kotamobagu dalam berbagai kesempatan telah menargetkan penggunaan MABM akan dilakukan tahun 2020 mendatang.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...