Home / Ekonomi & Bisnis / Peringatan HILUN ke 23 di Kotamobagu Jadi Ajang Promosi Produk UKM

Peringatan HILUN ke 23 di Kotamobagu Jadi Ajang Promosi Produk UKM

Kotamobagu,Potensi – Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HILUN) Sulawesi Utara yang dilaksanakan di Kotamobagu jadi ajang promosi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dimiliki pelaku usaha di Kotamobagu.

Adapun produk produk UKM yang dipamerkan antara lain Kacang Goyang, Kacang Telur, Kolombong Umega asal Poyowa Besar 2, Pala Manis khas Kotamobagu, Baleko cap burung Maleo, Nogat Kacang, Kukis Putar, Panada Tore, Bagea Kacang, Kopi Mojago, Kopi Sinondag khas Bilalang, Kopi Dinodok, dan Kopi Mopira khas Bilalang 1.

Pengunjung Mencoba Salah Satu Jenis Kopi Khas Kotambagu

Dalam pantauan awak media produk UKM Kotamobagu mampu menarik pengunjung. Selain itu menjual produk UKM, pelaku usaha juga menjual kopi siap sedu. Dari sejumlah kopi yang dihasil oleh rumah industry asal Kotamobagu, Kopi Organik Mopira dapat dikatakan cukup menarik.

Kopi yang dikelola oleh kelompok tani Bangelon II, desa Bilalang 1 ini mempunyai tiga rasa yang berbeda, pengolahannya pun sudah cukup modern dengan mengunakan mesin yang siapkan oleh Puslitkoka Jember. Dalam pengolahanya terdapat tiga jenis kopi yaitu kopi Like dengan warna kuning, Medium warna cokelat, dan Dart warna hitam atau karbon. Setiap warna kopi memiliki rasa yang berbeda.

Hal ini sebagaimana yang disampaikan Ketua Kelompok Bangelon II, Martopo Pobela. Menurutnya untuk jenis Like dengan warna kuning dapat menurunkan nafsu makan “Kalau Like ini setelah diminum, biasa nafsu makan kita turun. Jadi orang kadang memesan jenis dan rasa ini. Kebanyak yang dipesan ini Medium dengan warna cokelat,”Terang Martopo.

Bahkan ia mengakui, Kopi Organik Mopira ini sudah masuk pasar Thailand “Beberapa waktu lalu, Kopi ini sudah pernah di kirimkan ke Thailand, memang belum dalam jumlah yang besar. Paling banyak itu konsumsi local, kita pasarkan di supermarket, Indomaret dan Alfamart,”Pungkas Martopo.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...