Home / Kotamobagu / Aray Bantah Soal Pungli, Retribusi Sesuai Perda
Foto Istimewah

Aray Bantah Soal Pungli, Retribusi Sesuai Perda

Kotamobagu,Pemerintahan –  Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui Dinas Perdagangan,Koperasi dan UKM membantah soal adanya Pungutan Liar (Pungli) yang terjadi di pasar 23 Maret, Kelurahan Gogagoman. Menurut Kepala Disperdakop-UKM, Herman Aray pungutan kepada pedagang sesuai dengan Perda Nomor 7 tahun 2017 tentang Retribusi Pelayanan Pasar.

“Sesuai Perda, retribusi yang ditagih adalah dua ribu. Untuk meja dan lapak permeter dua ribu. Tapi ada informasi bahwa ada pungutan yang tidak sesuai Perda. Ada 200 ribu, ada yang 150 ribu, itu jelas tidak ada. Untuk memastikan itu, saya langsung turun ke lokasi dan mengklarifikasi kepada pedagang-pedagang apa benar dan bisa dipertanggungjawabkan, dan ternyata itu hanya fitnah, catut. Kalau benar, langsung saja lapor ke atasan. Bahwa dinas ini atau oknum ini telah melanggar Perda menyangkut pelayanan retribusi pasar,”Kata Aray.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Pol PP dan Damkar, Sahaya Mokoginta menerangkan Polisi Pamong Praja memiliki kewenangan untuk menjaga ketertiban umum. Sedangkan untuk penertiban di Pasar 23 Maret akan terus dilakukan pihaknya “Kami memiliki tugas menjaga ketertiban umum, termasuk juga di pasar Serasi. Sedangkan apa yang sudah kita lakukan selama adalah bagian dari penegakan Perda nomor 9 tahun 2019 tentang Ketertiban Umum,”Sambung Sahaya.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...