Home / Kotamobagu / Ini Penyebab Hujan Es di Desa Moyag Kotamobagu
Foto Istimewah

Ini Penyebab Hujan Es di Desa Moyag Kotamobagu

Sulut,Kotamobagu – Fenomena hujan es yang terjadi di desa Moyag, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu 5/10 sore hari tadi, membuat kaget sejumlah warga. Terutama warga di Desa Moyag itu sendiri. Bahkan beberapa diantara warga sempat mengabadikan dalam bentuk video dan diunggah ke media social facebook.

Salah satunya akun facebook bernama Charizna Mamonto, dalam video yang berdurasi hamper satu menit terlihat seorang laki laki mengambil pecahan es yang berhamburan di halaman rumah.

Terpisah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kotamobagu, melalui Kepala Bidang Kesiapsiagaan, Budi Prayitno mengaku pihaknya tidak mendapatkan peringatan dini bahwa akan terjadi hujan disertai es diwilayah Kotamobagu “Sejak pagi kami hanya diberikan peringatan dini oleh BMKG soal akan adanya hujan dan angina, untuk es tidak ada,”Kata Budi.

Adapun yang jadi penyebab terjadinya hujan es menurut Budi adalah peralihan dari musim kemarau ke musim huja “Dari keterangan BMKG fenomena hujan es terjadi karena perubahan musim, dari kemarau ke hujan dan itu biasa terjadi di Daerah tropis. Memang dari informasi yang kami dapatkan di lapangan, warga sedikit kaget dengan kejadian itu, sebab baru pertama, dan hanya terjadi di desa Moyag,”Terang Budi sembari menambahkan selain hujan disertai es, angina kencang juga memporak porandakan sejumlah rumah “Tadi juga ada kerusakan rumah, tapi bukan akibat hujan diserta es tapi karena angina kencang. Ada dua rumah rusak berat, dan satu rusak ringan,”Sambungnya.

Simak Video Warga

Perlu diketahui penyebab hujan es di langit Kotamobagu disebabkan oleh awan Cumulonimbus (awan vertikal menjulang yang sangat tinggi, padat, dan dapat terjadi Badai petir). Hujan Es terjadi karena kristal2 es pada puncak awan Cumulonimbus yang turun ke permukaan bumi sebagai hujan tidak semuanya dapat mencair walaupun melewati suhu yang relatif semakin hangat di dekat permukaan bumi. Fenomena hujan es disertai angin kencang dapat terjadi di daerah tropis seperti Indonesia terutama pada musim peralihan kemarau ke musim penghujan (Sumber BMKG Sulut)

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...