Home / Kotamobagu / Kunjungan Balasan Pemda Boltim Ke Kotamobagu, Bahas Kelanjutan Ring Road
Foto Istimewah

Kunjungan Balasan Pemda Boltim Ke Kotamobagu, Bahas Kelanjutan Ring Road

Kotamobagu,Pemerintahan – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur kembali mengelar pertemuan terkait pembangunan ring road atau jalan lingkar yang menghubungan dua Kabupaten dan Kota di Sulawesi Utara. Jika sebelumnya Pemkot Kotamobagu dalam hal ini Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan yang berkunjung ke Pemkab Boltim, kali ini Pemkab Boltim mendatangi Pemkot Kotamobagu.

Kunjungan balasan itupun menarik perhatian salah satu akademisi Kotamobagu, Rey Wahyudi Simbala. Menurut Dosen Universitas Dumoga Kotamobagu, komunikasi yang dibangun antara dua Pemerintah dalam merealisasikan rencana besar tidak bisa dianggap sepeleh.

“Pembangunan ring road ini bisa dikatakan salah satu megaproyek di wilayah Bolaang Mongondow Raya. Anggaranya terbilang cukup besar. Selain itu ada berbagai macam dampak positif yang dihasilkan dari pembangunan jalan lingkar, terutama peningkatan ekonomi dan pertanian. Nah komunikasi yang dibangunan antara dua Daerah, Boltim dan Kotamobagu sudah cukup kuat, apa lagi ada kunjungan balasan dari Pemkab Boltim. Ini artinya masing masing Daerah saling mensupport sehingga megaproyek ini bisa terlaksana,”Ucap Simbala.

Terpisah Imran Amon selaku Koordinator  Pembangunan ring road Kotamobagu, mengaku pertemuan yang digelar pihaknya bersama Pemkab Boltim adalah pertemuan lanjutan guna membahas dan melihat data data kepemilikan lahan yang nantinya akan dilewati jalur ring road “Pertemuan juga untuk melihat data-data kepemilikan lahan dari jalur yang akan dilewati. Nah, keduanya itu sudah mengantongi data tersebut tinggal menghitung luas lahan kemudian disandingkan,”Kata Amon yang juga Kadis PRKP.

Sementara, Wakil Walikota, Nayodo Koerniawan, menyampaikan progres Ring Road saat ini dalam tahap pendataan kepemilikan lahan yang akan dilalui oleh jalur Ring Road.“Terkait pembebesaan lahan pada intinya di data dulu, diukur dulu dalam setiap bidang lahan yang akan dilewati bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN),”Ungkapnya.

Perlu Rabu 2/10 pagi, Pemkab Boltim mendatangi Kantor Wali Kota Kotamobagu, perwakilan Pemkab Boltim itu diterima Wakil Walikota Kotamobagu, Nayodo Kurniawan di ruang kerjanya. Pertemuan tersebut membahas kelanjutan pembangunan ring road serta mensinkronkan data data yang dimilik antara dua Daerah. Adapun total panjang ring road yang akan dibangun di tiga Daerah 33 Km dengan pembangian, Kotamobagu mendapatkan panjang 15 Km, Boltim 7 Km, dan Bolmong 11 Km.

Penulisan : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wakil Wali Kota Kotamobagu Wakil Wali Kota Buka Fesbudjaton ke XVII Indonesia Timur

TEROPONGBMR.COM – Festival Seni dan Budaya Jawa Tondano ...