Home / Bolmong / Perubahan Musim, Dinkes Bolmong Ajak Warga Terapkan Budaya PSN

Perubahan Musim, Dinkes Bolmong Ajak Warga Terapkan Budaya PSN

Bolmong,Pemerintahan – Perubahan musim dari kemarau ke musim penghujan perlu diantisipasi warga, hal ini disampaikan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Mongondow. Menurut Kepala Dinkes, Sahara Albugis, peralihan musim bisa memberikan dampak negarif terhadap kesehatan warga, jika tidak diantisipasi.

“Biasanya saat perubahan musim ini ada saja penyakit atau virus ikutan, seperti peningkatnya jentik nyamuk, terutama nyamuk Aedes aegypti yang bisa membuat penderita yang digigit terjerang DBD,”Kata Sahara.

Untuk mengantisipasi hal perkembangan nyamku Aedes ini, Sahara pun menghimbau warga untuk menerapkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus “Yang paling utama supaya perkembangan nyamuk Ades ini tidak ada, alangkah baiknya menerapkan PSN melalui 3M yaitu menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air. Kemudian menutup rapat rapat tempat penampungan air seperti drum, dan kendi. Serta memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk,”Terangnya.

Adapun untuk Plusnya, warga juga dihimbau untuk menambur bubuk “Masih ada lagi, warga bisa menambur bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan. Ini membantu membunuh jentik nyamuk,”Sambung Sahara.

Selain itu ia juga menghimbau jika ada warga yang dicurigai menderita DBD dengan ciri ciri fisik yang khas segera dilarikan ke rumah sakit atau pusat kesheatan terdekat “Biasanya yang sudah terkena gigitan nyamuk aedes ini punya ciri ciri khas, yaitu panas selama tiga hari berturut turut, timbul bintik bintik kecil dari dalam kulit berwarna merah dan terjadi pendarahan digusi tanpa sebab. Segera bawah ke Pusat kesehatan terdekat atau Rumah sakit,”Himbau Sahara.

Adapun data Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmong jumlah penderita DBD sejak Januari – September 2019 khusus di wilayah Kabupaten Bolmong sebanyak 118 Kasus.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadiri Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, Pj Bupati Bolmong Puji Toleransi Umat Hindu

TEROPONGBMR – Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit ...