Home / Advertorial / DPRD Bolmong Gelar Hearing Terkait Pilsang di Empat Desa

DPRD Bolmong Gelar Hearing Terkait Pilsang di Empat Desa

Bolmong,Politik – Adanya polemic atas tahapan dan penetapan calon sangadi (Calsang) dalam Pemilihan Sangadi (Pilsang) tahun 2019 di empat desa di Kabupaten Bolaang Mongondow, ditanggapi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow.

Setelah menerima laporan dari warga dan sejumlah calon, DPRD Bolmong melalui Komisi I Bidang Pemerintahan melaksanakan hearing yang melibatkan panitia Pilsang tingkat desa dan Kabupaten. rapat yang dipimpin Ketua Komisi I, Marten Tangkere dan didamping Ketua DPRD, Welty Komaling, dan Wakil Ketua I, Sukron Mamonto, serta dihadiri seluruh jajaran anggota DPRD Komisi I ini berlangsung alot.

Hadii juga dalam pertemuan Asisten I Bidang Pemerintahan yang juga Ketua Panitia Pilsang tingkat Kabupaten, Kepala Dinas Kesbangpol, Kepala Dinas PMD, sejumlah Kepala Bidang, serta Panitia Pilsang tingkat desa di empat desa yang dilaporkan.

Ketua DPRD dalam penyampaianya mengatakan, pihaknya menerima laporan dari empat desa, sehingga melaksanakan haering sekaligus konfrontir dengan panitia tingkat desa dan Kabupaten “Awalnya kami menerima laporan terkait pelaksanaan Pilsang yang ada di empat desa, untuk menyelesaikanb permasalahan ini kami melakukan hearing dan konfrontir dengan panitia tingkat desa dan Kabupaten, supaya ada solusi dari permasalahan dan laporan ini,”Ucap Welty.

Selain itu juga Welty menegaskan, pihaknya lebih mengedepankan penyelesaian secara damai “Tapi bila pembicaraan hari ini tidak menghasilkan solusi, maka kami akan mengunakan kewenangan kami dan mengeluarkan rekomendasi. Namun kami tetap berharap pertemuan hari ini ada titik temu,”Tegas Welty.

Adapun penjelasan Asisten I Bidang Pemerintahan, Derek Panambunan mengakui, sudah memfasilitasi semua permasalahan yang masuk ke Pantia tingkat Kabuapten “Pada dasarnya semua aspirasi sudah kita fasilitasi, mulai dari desa Tonom, Dumoga satu, Batu Rapa satu, dan Nanasi Timur. Semua lapor yang masuk hamper sama, terkait dengan penilaian. Proses seleksi sudah kami lakukan sesuai dengan tahapan Perundang udangan,”Terang Derek.

Selain Ketua DPRD, Ketua fraksi Nasdem Hi Masri Masenge Nampak menyoal proses pelaksanaan Pilsang “Kami meminta Panitia Pislang tingkat Kabupaten memberikan penjelasan terkait tahapan dan proses penilaian Calon Sangadi. Sehingga kami tau ukurang meloloskan seseorang dalam Calon Sangadi itu seperti apa,”Pinta masri. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Akhir Tahun 2023, Pemkab Bolaang Mongondow Penghargaan Anugerah Mapalus Pendidikan

TEROPONGBMR – Dipenghujung tahunn 2023 Pemerintah Kabupaten Bolaang ...