Home / Hukum & Kriminal / Polda Sulut Dalami Penyelidikan, Dugaan Pencemaran Nama Baik Melibatkan Istri Calon Wakil Wali Kota Manado SDT

Polda Sulut Dalami Penyelidikan, Dugaan Pencemaran Nama Baik Melibatkan Istri Calon Wakil Wali Kota Manado SDT

TeropongBMR, Hukrim – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara (Sulut) terus mendalami kasus dugaan pencemaran nama baik yang diduga dilakukan oleh SDT yang merupakan istri Calon Wakil Wali Kota Manado Machmud Turuis.

Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Harjanto SH MSi melalui Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast SIK mengatakan, hingga saat ini penyidik Ditkrimsus Subdit Ciber Crime masih mendalami kasus tersebut yang dilaporkan oleh pelapor Nina Muhammad.

Kabid Humas menjelaskan, karena kasus ini sudah dilaporkan sehingga penyidik membutuhkan ahli yang akan memberikan keterangan, apa lagi kasus tersebut masuk dalam UU ITE karena unggahan melalui media sosial dengan dugaan pencemaran nama baik dari akun media sosial dari terlapor SDT. “Iya benar kasus ini sementara ditangani penyidik Ditkrimsus, dan menunggu keterangan ahli, karena nanti saksi ahli yang akan menjelaskan memenuhi unsur atau tidak, dan jika memenuhi akan selanjutnya penyidik menerapkan pasal yang akan diterapkan dan dilanjutkan gelar perkara hingga tingkat penyidikan,” tandas Kombes Pol Jules Abraham Abast SIK mantan Kasat Reskrim Polres Serang Kota tersebut, Senin (16/12/2019).

Sementara Calon Wakil Wali Kota Manado Machmud Turuis tidak menampik soal kasus dugaan pencemaran nama baik yang melibatkan istrinya yaitu SDT. Machmud mengatakan, kasus itu sudah berproses di Polda Sulut, dan tidak mengganggu dirinya yang akan maju sebagai calon Wakil Wali Kota Manado. “Sama sekali tidak menganggu dan kami menghormati proses hukum yang berjalan,” katanya saat dikonfirmasi redaksi TeropongBMR, Senin (16/12/2019).

Kasus ini bermula dari unggahan SDT di media sosial melalui akun facebook miliknya, dimana SDT menuliskan (bawah Pelapor mengaku sebagai ponakan keluarga Turuis namun sama sekali keluarga Turuis tidak mengenalnya, dan bukan keluarga. Pelapor juga menggunakan jasa Bank Sulutgo (BSG) untuk bertranksaksi padahal sama sekali tidak terkait dengan pekerjaanya), atas kasus tersebut menimbulkan berbagai komentar di Facebook sehingga membuat nama pelapor tercemar, apa lagi dalam postingan di facebook SDT mencantumkan foto yang diduga diambil dari hasil CCTV BSG Manado sambil dilingkar biru.

Foto unggahan SDT di akun facebook diduga rekaman dari CCTV BSG.

Menurut Nina, sebagai pelapor dan korban merasa keberatan atas postingan di Facebook milik SDT yang menimbulkan berbagai komentar negatif sehingga membuat nama baik tercemar yang merugikan dirinya, yang juga merupakan ibu bhayangkari tersebut. “Saya sampai saat ini tidak nyaman beraktifitas karena wajah saya ada dalam foto unggahan facebook milik SDT yang diduga dari CCTV BSG, apa lagi ada tanda lingkar biru seakan saya telah berbuat kejahatan sehingga saya melaporkan SDT yang tak lain istri dari salah satu calon Wakil Wali Kota Manado, karena telah mencemarkan nama baik saya,” ujarnya.

Nina menegaskan, sebagai korban meminta penyidik Ciber Crime Polda Sulut untuk serius menangani kasus tersebut, karena kalau tidak Ia akan meneruskan kasus ini ke Bidang Propam Polri hingga Kapolri, karena kasus ini sudah dilaporkan sejak tanggal 2 Novermber 2019 lalu. “Jangan karena SDT istri dari calon Wakil Wali Kota sehingga kasus ini terkesan diperlambat,” ungkapnya.

Penulis: Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bawah Pisau Badik, Remaja Asal Bolaangitang Barat Diamankan Polisi

TEROPONGBMR.COM- Personel Polres Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) mengamankan ...