Home / Ekonomi & Bisnis / Menristek : Unsrat Harus Hasilkan Dosen Kekinian yang Mengerti Bisnis

Menristek : Unsrat Harus Hasilkan Dosen Kekinian yang Mengerti Bisnis

Manado, TBnews – Menteri Ristek dan Teknologi (Menristek) RI Prof Dr Bambang Brodjonegoro PhD menegaskan, agar Unsrat yang dipimpin oleh Rektor Terbaik Indonesia Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA harus bisa menghasilkan dosen atau peneliti yang mengerti bisnis. Hal itu dikatakan Menrinstek saat menghadiri Rapat Kerja (Raker) Unsrat Manado, Jumat (17/01/2020), di Auditorium setempat, yang dihadiri ratusan dosen, dan pegawai Unsrat.

Menurut Menristek Bambang Brodjonegoro, mental berpikir dosen harus bisa dirubah, terutama dalam kemajuan teknologi saat ini. Dimana dalam membuat penelitian harus bisa melibatkan pihak swasta atau industri agar hasil penelitian yang dilakukan bisa berguna bagi masyarakat dan dipakei oleh industri, dan bukan hanya sekedar untuk mengejar atau mendapatkan gelar akademik saja, sehingga bisa dihargai dan menjadi guru besar, namun hasil penelitian tersebut hanya menjadi dokumen pribadi.

Menristek mengatakan, suatu negara bisa maju karena pola pikir para ahli terutama dosen di suatu perguruan tinggi di negara maju berbasis teknologi karena hasil penelitian mereka dipakai oleh industri yang terus ingin survaif sehingga selalu ada inovasi atau kemajuan.

“Jadi jangan mentang-mentang dosen, sehingga tidak ingin dekat dengan pihak swasta atau industri, namun dosen atau peneliti kekinian adalah dosen yang mengerti bisnis bukan ingin menjadi konglomerat, namun memahami apa yang dimau oleh sektor industri,” tandas Menristek.

Menristek menambahkan, hal itu bukan semata-mata tanggungjawab dari Ibu Rektor dan jajaran, namun harus timbul dari kemauan para dosen atau peneliti dan mental para dosen harus bisa akrab dengan dunia usaha, sehingga bisa terwujud dengan baik.

“Saya mencontohkan, soal  handphone Apel, setiap orang menunggu inovasi dari telepon pintar tersebut sehingga berlomba-lomba antri untuk bisa membeli, begitupun dengan peneliti atau dosen di Unsrat harus berpikir demikian,” ujar Bambang.

Penulis: Ishak Kusrant
Editor: Ishak Kusrant

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Residen Fakultas Kedokteran : Yth Ibu Rektor Unsrat Tolong Dibuatkan Kebijakan Pengurangan UKT

Manado, TBnews – Puluhan Mahasiswa program studi spesialis ...