Home / Bolmong / Tahun Baru 2020, 4 Polres di Bolmong Raya Wajib Tangani Laporan Masyarakat
Kabid Humas Polda Sulut Kombes Pol Jules Abraham Abast SIK. (Foto: Ishak/TBM)

Tahun Baru 2020, 4 Polres di Bolmong Raya Wajib Tangani Laporan Masyarakat

Hukrim, TBnews – Miliki Kapolres definitif, mulai Januari 2020, empat Mapolres di Bolaang Mongondow Raya (BMR) mulai proses laporan warga hingga penyelidikan kasus pidana.

Ini meyusul dengan dikukuhkannya empat Kapolres baru di wilayah Bolaang Mongondow Raya (BMR) oleh Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Dr. Sigid Tri Hardjanto, di ruang aula Catur Prestya Mapolda Sulut, pada Jumat, 20 Desember 2019 silam.

Sebelumnya, Polres Kotamobagu menerima laporan maupun memproses seluruh kasus tindak pidana di empat wilayah hukum yaitu, Bolmong Induk, Bolmong Selatan, Timur dan Utara. Lain halnya, saat ini Polres Kotamobagu hanya akan menangani laporan masyarakat maupun penyelesaian kasus tindak pidana yang berada di wilayah hokumnya sendiri.

Kapolres Kotamobagu AKBP Prasetya Sejati SIK melalui Kasubag Humas Iptu Rusman M Saleh membenarkan hal tersebut. Menurutnya, untuk penyelesaian mulai dari laporan masyarakat, maupun tindak pidana yang berada diluar wilayah hokum Polres Kotamobagu di tahun 2020 ini dan seterusnya, akan ditangani Mapolres masing – masing wilayah yang ada di BMR. “Karena secara komando, masing – masing polres wilayah hukumnya sudah ada Kapolres definitifnya,” kata Rusman, saat dikonfirmasi oleh awak media, Kamis (2/1/2020).

Iptu Rusman M Saleh, Kasubag Humas Polres Kotamobagu.

Lanjut Rusman, namun bila ada masyarakat datang melapor ke Polres kotamobagu kami pun siap menerima. “Akan tetapi, untuk penyelesaian pelaporannya sendiri, dikembalikan ke Polres atau kita arahkan pelapor untuk ke polres sesuai wilayah hokum yang ada. Karena namanya laporan wajib polisi menerima laporan dari masyarakat,” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut, untuk penyelesaiannya pelaporan hingga proses penyelidikannya, sampai dengan pelimpahan kasus tersangka ke Kejaksaan Negeri (Kejari) itu dikembalikan ke masing – masing polres.

Sedangkan untuk kasus di tahun 2019 ke bawah, tentunya Polres Kotamobagu akan tetap meproses semua kasus pidana hingga ke kejaksaan maupun pengadilan. “Dari 4 wilayah Bolmong kecuali Bolmong Utara, terkait proses kasus pidana akan dilakukan koordinasi dengan Kapolresnya, entah akan di limpahkan langsung ke Polres Bolmong Utara atau langsung dilanjutkan ke kejaksaan,” pungkasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulut Kombes Jules Abraham Abast SIK menegaskan, agar Polres setempat bisa segera memproses laporan masyarakat yang masuk ke Polres, agar pelayanan kepada masyarakat khususnya penangan kasus bisa cepat teratasi, sehingga masyarakat puas dengan kinerja Kepolisian. “Jadi kalau masyarakat datang melapor, anggota segera berkoordinasi dengan pimpinan untuk penangan agar laporan tidak menumpuk, sehingga kasus apapun itu bisa segera tertangani dengan baik,” tandas Kabid Humas yang pernah menjabat Kasat Reskrim Polres Serang Kota, Minggu (5/1/2019).

Penulis: Wahyudi Paputungan
Editor: Ishak Kusrant

Bagikan Berita ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hadiri Perayaan Dharma Santi Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946, Pj Bupati Bolmong Puji Toleransi Umat Hindu

TEROPONGBMR – Pj Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit ...