Home / Advertorial / Gelar Reses, Welty Harap Usulan Yang Disampaikan Skala Prioritas

Gelar Reses, Welty Harap Usulan Yang Disampaikan Skala Prioritas

Bolmong,TBnews – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow, Welty Komaling, Kamis 20/2 sore mengelar agen reses atau serap aspirasi di Daerah pemilihan (Dapil) enam yang meliputi Dumoga Barat, Dumoga Tengah dan Dumoga Utara.

Kegiatan reses yang dilaksanakan di desa Makaruo ini turut dihadiri Camat Dumoga Barat, para Sangadi dan Sekretaris Desa serta ratusan warga. Dihadapan konsituennya, Ketua DPRD dua periode ini menjelaskan tahapan perencanaan hingga penganggaran yang ada di Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow. Menurut politisi PDI Perjuangan ini, proses perencanaan yang ada di Kabupaten Bolmong sudah berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.

“Ada sedikit perbedaan dalam proses perencanaan untuk usulan dalam Musrenbang desa, Kecamatan hingga Kabupaten. mulai tahun ini setiap desa hanya bisa mengusulkan 5 usulan skala prioritas, yang selanjutnya akan dilakukan penilaian ditingkat Kecamatan. Karena usulan yang dimasukan banyak tentunya tidak semuanya dapat terakomodir, sehingga saya minta kepada Kepala desa agar bisa melihat urgensi dari usulan tersebut,”Kata Welty.

Tentunya menurut Welty usulan yang berkaitan langsung dengan kepentingan orang banyak “Seperti pendidikan dan kesehatan. Sedangkan untuk infrastruktur jalan haruslah yang menghubungkan fasilitas pendidikan, kesehatan atau pertanian,”Ujar Welty.

Lebih lanjut Welty menambahkan, usulan yang disampaikan tiap desa akan dilakukan perangkingan di kecamatan yang selanjut akan disesuaikan dengan Renja SKPD “Pada tahap ini Pokok Pikiran DPRD akan dimasukan. Nantinya setiap anggota DPRD memiliki bobot skor nilai 3 poin untuk ditambahkan dalam usulan desa sehingga dapat terakomdir dalam penganggaran tahun 2021,”Terangnya sembari menambahkan untuk usulan yang sudah disampaikan dan belum masuk dalam perangkingan akan masuk dalam daftar tunggu tahun berjalan “Daftar tunggu kita sejak tahun tahun sebelumnya sudah dikembalikan, sehingga tidak ada lagi daftar tunggu. Nah untuk usulan yang baru disampaikan tapi belum masuk dalam rangking tentunya ada dalam daftar tunggu yang baru, sebab tidk semua usulan dapat diakomodir hal ini berkaitan dengan anggaran daerah. Namun tetap diakomodir di tahun yang akan datang, tentunya sudah memenuhi syarat teknis,”Pungkas Welty.

Terpisah Kepala Bagian Persidangan dan Risalah, Frangky Panelewan menyampaikan masa reses yang saat ini tengah dilaksanakan oleh anggota DPRD Bolmong adalah masa reses sidang pertama “Nantinya anggota DPRD ini akan melakukan 3 kali reses, ini dilakukan setelah masa siding. Jadi masih ada masa sidang ke dua dan ketiga. Tentunya akan disesuaikan dengan anggaran yang ada. Kami berharap warga bisa mengunakan reses ini untuk menyampaikan aspirasi dan keluhan,”Ucap Franky. (Advetorial)

Penulis : Abdi F Sutom

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Antisipasi Perluasan Penularan Covid-19, Pemkab Bolmong Tutup Batas Daerah

Bolmong,TBnews – Bupati Bolaang Mongondow, Yasti S Mokoagow ...