Home / Bolmong / Pandemic Covid-19 Berdampak Hingga Capaian PAD Kabupaten Bolmong

Pandemic Covid-19 Berdampak Hingga Capaian PAD Kabupaten Bolmong

Bolmong,TBnews – Dampak dari pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) turut di rasakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow lewat sector Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hingga akhir Maret 2020 kemarin realisasi PAD triwulan I baru sebesar Rp 9,3 Miliar atau 17 persen dari total target PA tahun 2020 Rp 56 Miliar.

Pandemic Covid-19 sangat berdampak terhadap pendapatan sejumlah usaha yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow diantara rumah makan, reklame, perhotelan dan pariwisata. Menurut Kepala BKD, Rio Lombone melalui Kepala Bidang Penagihan dan Keberatan, Hari Damopolii, pihaknya mulai merasakan dampak dari Covid-19.

“Sangat berdampak, apa lagi untuk sector pariwisata seperti hotel, rumah makan dan reklame. Pasti pendapat mereka berkurang sehingga akan berdampak juga bagi retribusi PAD,”Kata Hari.

Namun pihaknya tetap optimis target yang di tetap sebesar Rp 56 Miliar tersebut dapat tercapai “Kita masih punya sumber sumber PAD yang cukup besar, mudah mudahan target ini bisa dicapai dengan kondisi saat ini,”Ungkap Hari, sembari menambahkan pihaknya juga untuk sementara menghentikan penagihana yang biasa di lakukan di hari hari normal “Kami juga menghentikan tim yang biasa turun ke lapangan melakukan penagihan, ini untuk mencegah adanya penularan Covid-19,”Pungkas Hari.

Sekedar informasi, tahun 2019 kemarin, capaian PAD Pemkab Bolmong melebih target yang ditetapkan. Hingga akhir Desember realisasi Pad Kabupaten Bolmong mencapai Rp 57,9 Miliar dari target Rp 52,3 Miliar.

Penulis : Abdi F Sutomo

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sulut Bertambah 4 Pasien Sembuh, dan 15 Positif Covid-19

Manado, TBnews – Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 ...