Home / Kotamobagu / Sebar Berita Hoax Corona Luly Ditangkap Resmob Polres Minahasa

Sebar Berita Hoax Corona Luly Ditangkap Resmob Polres Minahasa

Hukrim, TBnews – Tim Resmob Polres Minahasa menangkap seorang perempuan CBL alias Luly asal Tondano yang diduga melakukan penyebaran informasi berita bohong atau hoax kasus Corona di Kota Manado.

Kasat Reskrim Poles Minahasa AKP Sugeng Wahyudi Santoso SH SIK menegaskan, bahwa pelaku memposting berita berawal dari masengger dengan NT alias Nov (kenal/kawan di FB pelaku) yang diduga orang Kecamatan Tondano Barat Minahasa, yang dalam percakapan masengger tersebut ada postingan berita corona, kemudian oleh pelaku langsung di posting di media sosial facebook pelaku.

“Pelaku diamankan Selasa 7 April 2020 sekitar pukul 23.00 wita. Saat ini pelaku sudah diamankan di Sat Reskrim Polres Minahasa dan menjalani pemeriksaan,” ujar Kasat Reskrim (8/4/2020).

Berita Hoax yang diposting oleh terduga pelaku.

Kasat Reskrim mengatakan, Pelaku terancam, Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE)  sebagaimana yang telah diubah oleh Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

“Pelaku diduga melanggar ketentuan Pasal 28 UU ITE ini dapat dikenakan sanksi sebagaimana diatur dalam Pasal 45A ayat (1) UU 19/2016 yaitu : Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik sebagaimana dimaksud dalam Pasal 28 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 1 miliar,” tegas Sugeng.

Penulis: Ishak Kusrant

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kasus Curanmor Meningkat di Sulut, Timsus Maleo Gabungan Berhasil Tangkap Pelaku

Manado, TBnews – Tidak sampai sebulan, Timsus Maleo ...