Home / Advertorial / 107 KUBE di Kotamobagu Terima Bantuan

107 KUBE di Kotamobagu Terima Bantuan

Kotamobagu,Advetorial – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, Kamis 11/6 mulai menyalurkan bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) bagi 107 kelompok yang tersebar di 2 Kecamatan di Kota Kotamobagu. Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, bertempat di Aula Rumah Dinas Wali Kota Kotamobagu.

Hadir dalam penyerahan bantuan KUBE, Wakil Walikota, Nayodo Kurniawan, Sekretaris Kota, Sande Dodo, para Asisten, Kepala Dinas Sosial, sejumlah pimpinan OPD, Camat Kotamobagu Timur dan Kotamobagu Selatan, serta perwakilan masing masing kelompok.

Wali Kota Kotamobagu dalam kesempatan tersebut menyampaikan, Pemerintah memberikan bantuan dalam bentuk stimulus bagi kelompok yang dinilai memiliki kemauan berusaha “Hari ini Pemerintah memberikan dana tanpa bunga dan jaminan. Untuk itu Pemerintah berharap uang ini setelah sampai di kelompok jangan dibagi bagi ke sembarang orang. Usahakan dana yang diberikan dapat mendatangkan kembali uang atau pemasukan bagi anggota kelompok. Serta dana ini jangan dijadikan handphone atau berbelanja keperluan pribadi yang tidak mendatangkan apa apa,”Ucap Tatong.

Lebih lanjut ia berharap dana yang diberikan dapat digunakan dalam mengembangkan usaha “Pemerintah akan mengawasi pemanfaatan dana ini, diharapkan dengan berkembangnya usaha ini kekuatan dan kemampuan ekonomi masyarakat meningkat serta berdampak pada derajat kehidupan masyarakat di Daerah ini. Sehingga 107 kelompok ini bisa melahirkan usaha usaha baru yang dikelola kelompok kelompok ini,”Harapnya.

Terpisah Kepala Dinas Sosial, melalui Kepala Bidang Sosial, Roi Paputungan menyampaikan penerima bantuan KUBE ini harus masuk dalam DTKS Kemensos “Mereka yang ada di dalam kelompok ini adalah orang yang sudah masuk dalam DTKS Kementerian. Besar nilai yang diterima setiap kelompok itu berbeda, karena masing masing anggota kelompok memiliki jumlah anggota yang tidak sama. Tapi setiap anggota kelompok mendapatkan Rp 2 Juta,”Terang Paputungan.

Sekedar informasi, dari 2 Kecamatan yang menerima bantuan KUBE Tahun 2020 terdapat 8 Desa diantaranya Desa Poyowa Besar 1, Kelurahan Kotobangon, Desa Moyag, Kelurahan Motoboi Kecil, Desa Moyag Tampoan, Kelurahan Mongondow, Kelurahan Matali, dan Kelurahan Pobundayan. Adapun jumlah total bantuan yang bersumber dari APBN ini senilai Rp 2.006.000.000.

Penulis : Abdi F Sutomo

Bagikan Artikel ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pejabat Daerah Bolmong Dan Kapolsek Makamkan Pasien Berstatus PDP

Bolmong,TBnews – Ada yang menarik dari kematian salah ...