Home / Bolmong / Diknas Bolmong ‘Jorjoran’ Kunjungi Sekolah Terpencil

Diknas Bolmong ‘Jorjoran’ Kunjungi Sekolah Terpencil

Bolmong,TBnews – Sejak sepekan terakhir Dinas Pendidikan Kabupaten Bolaang Mongondow secara intens melakukan kunjungan terhadap Sekolah sekolah terpencil yang ada di Kabupaten Bolaang Mongondow. Kunjungan tersebut berkaitan dengan program inventarisir Sekolah Sekolah yang ada di pelosok. Adapun wilayah yang sudah di kunjungan diantaranya Desa Pomoman, Kecamantan Poigar, Desa Kolingangaan, Kecamatan Bilalang, dan Kamis 2/7 Diknas kembali mengunjungi Sekolah Satu Atap yang ada di Kecamatan Dumoga Timur

Sekolah Satu Atap (Satap) berada di Desa Kanaan, yang terdiri dari Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Molingongot. Dari hasil kunjungan tim Disdik menilai kedua sekolah tersebut masih cukup baik dari segi infrastruktur maupun jumlah guru.

Kunjungan dilanjutkan ke Dusun Gunung Sari, yang juga terdapat satu sekolah SD dengan kapasitas hanya 3 ruangan kelas, tanpa adanya ruangan guru, dengan jumlah 13 murid. Sekolah tersebut merupakan sekolah persiapan setelah gedung sebelumnya rusak akibat longsor.

Menurut Kepala Sekolah, Lusje N Sondakh, bangunan yang ada saat ini adalah hiba dari warga “Ini hibah dari warga, kemudian Pemda Bolmong bangun kembali di lahan baru ini untuk sementara,”Ucap Lusje

Iapung mengungkapkan rata-rata murid di SD tersebut setelah lulus tindak melanjutkan jenjang pendidikan selanjutnya, padahal piahknya sudah meminta orang tua agar melanjutkan pendidikan anak anaknya “Mereka setelah lulus SD, tidak lanjut sekolah lagi, malah justru bertani membantu orang tua. Disini yang lanjut sampai sarjana saja hanya satu orang,”Bebernya.

Sementara itu Kepala Disdik Bolmong Renti Mokoginta, mengatakan sejauh ini ada beberapa catatan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan usai melakukan peninjauan sekolah di pelosok “Fasilitas sekolah, dan tunjangan guru pelosok menjadi catatan kami untuk ditindak-lanjuti,”Ujar Renti.

Selain mengunjungi Sekolah tersebut, Tim Diknas Bolmong juga mengunjungi SDN 1 Ikarad yang hanya memiliki 15 Siswa. Selanjutnya Disdik mengunjungi SDN 2 Ikarad,  dan SMP Negeri 8 Dumoga.

Penulis : Abdi F Sutomo

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pemkab Bolmong Tugaskan Kembali Paskibraka 2019

Bolmong,TBnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow memastikan ...